Sukses

HUT ke-74 RI, Jokowi Ajak Jan Ethes Sapa Tamu Undangan

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak sang cucu Jan Ethes Srinarendra untuk menyalami para tamu undangan yang hadir dalam Upacara Peringatan HUT ke-74 RI di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Jokowi menggandeng tangan Jan Ethes sembari menyapa para tamu.

Pantauan Liputan6.com, mantan Gubernur DKI Jakarta itu keluar bersama Jan Ethes dari Istana Merdeka pukul 09.10 WIB. Keduanya mengenakan baju adat. Jokowi mengaku memakai baju adat khas Bali.

"Dari Klungkung Bali," ucap Jokowi kepada wartawan.

Mantan Wali Kota Solo itu kemudian mengajak Jan Ethes untuk menyalami para tamu undangan. Ada pula putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Jan Ethes juga melambaikan tangan ke arah tamu undangan.

Sejumlah pejabat negara juga telah hadir di Istana Merdeka. Mereka antara lain, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menko PMK Puan Maharani, Menteti Sekretaris Negara Pratikno, hingga Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

 

2 dari 2 halaman

Tamu Mengenakan Pakaian Adat

Para pejabat negara dan tamu undangan yang menghadiri upacara HUT ke-74 RI mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut dimulai dengan kirab bendera pusaka. Kemudian, teks asli naskah proklamasi yang dimulai dari Monumen Nasional hingga Istana Merdeka.

Upacara pengibaran bendera sang saka merah putih akan digelar di Halaman Istana Merdeka pada pukul 10.00 WIB. Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan bertindak sebagai Inspektur Upacara.