Sukses

Rachmawati: MPR Saat Ini Bak Macan Ompong, Tupoksi Tak Jelas

Liputan6.com, Jakarta Rachmawati Soekarnoputri mengkritisi lembaga MPR yang dinilainya bak macan ompong saat ini. MPR tak punya lagi kewenangan mengeluarkan ketetapan dan membuat GBHN sebagaimana era sebelumnya.

"MPR kita ini kalau saya umpamakan ibarat macan ompong karena setelah diamandemen empat kali 2001 zamannya Megawati fungsi MPR sendiri sudah berubah total. Dia bukan lembaga tertinggi negara dan bahkan di dalam tupoksinya dari MPR sendiri sudah enggak ada," jelasnya di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Senin (12/8/2019).

Ada wacana pimpinan MPR berjumlah 10 sebagaimana diusulkan PAN. Rachmawati mengaku tak masalah dengan usulan ini asalkan tugas pokok dan fungsi lembaga tinggi negara ini harus jelas. Sehingga nantinya tak ada kesan MPR hanya dijadikan ajang bagi-bagi kursi dan jabatan.

"Mau tambah berapa (pun), tapi visi dan tupoksi MPR harus jelas. Jadi ini bukan hanya bagi-bagi pimpinan, bagi kekuasaan, bagi jabatan, bukan," tegasnya.

Fungsi MPR, lanjutnya, harus jelas apakah mengikuti sistem monokameral, bikameral atau dwikameral, atau trikameral. Sebelum amandemen, tupokasi MPR cukup jelas. Hal ini juga harus dipikirkan ulang.

"Kalau dulu sebelum diamandemen jelas. isinya ada utusan golongan, utusan fungsional akan diejahwantahkan di dalam bentuk MPR sendiri, kalau sekarang enggak jelas," tutupnya.

 

Reporter: Hari Ariyanti

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
HNW Tolak Wacana Pengadaan Mobil Baru untuk Menteri
Artikel Selanjutnya
PAN: Penambahan Kursi Pimpinan MPR Tergantung Kerelaan Semua Parpol