Sukses

Idul Adha, Ini Makna Berkurban bagi Presiden Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut, Hari Raya Idul Adha merupakan momentum bagi masyarakat menyisihkan sedikit hartanya untuk berkurban. Menurut dia, berkurban membuat manusia menjadi terdorong untuk meningkatkan kesalehan sosial.

"Paling penting di Hari Raya Idul Adha ini adalah dari sisi kurban, pengorbanan. Itu adalah dorongan kita untuk melakukan kesalehan sosial. Agar seluruh umat melakukan itu dengan baik," ujar Jokowi usai melaksanakan salat id di Lapangan Astrid Kebun Raya Bogor Jawa Barat, Minggu (11/8/2019).

"Baik dengan teman, tetangga, saudara, dan rekan sekampung. Saya kira yang berkaitan dengan kesalehan sosial harus kita dorong," sambungnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lalu menyinggung pesan dari khatib salat id di Kebun Raya Bogor, yang menekankan hubungan antara sesama manusia. Jokowi mengingatkan pentingnya menjaga ketakwaan terhadap Allah SWT dan hubungan horisontal dengan manusia.

"Seperti disampaikan oleh khatib bahwa ikatan ketakwaan kita pada Allah SWT wajib, juga ikatan hubungan antarmanusia wajib kita lakukan," ucap Jokowi.

 

2 dari 3 halaman

Kurban Sapi Ongole

Sebelumnya, Jokowi dan Ibu Iriana melaksanakan salat Idul Adha di Lapangan Astrid Kebun Raya Bogor Jawa Barat. Usai salat, Jokowi meyerahkan satu ekor sapi seberat 1 ton kepada Kebun Raya Bogor.

Sapi yang diserahkan Jokowi tersebut merupakan peranakan Ongole, Indonesia.  Sapi asal Subang, Jawa Barat ini diserahkan secara simbolis oleh Jokowi kepada Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko.

Sapi tersebut rencananya baru dipotong di area Kebun Raya Bogor, Selasa 13 Agustus 2019. Usai penyerahan, Jokowi ditemani Iriana sempat mengelus tanduk sapi tersebut. Kemudian, keduanya meninggalkan lokasi dan menuju Istana Bogor.

Di momen Idul Adha ini, Jokowi tak menyaksikan penyembelihan hewan kurban. Dia mengaku hanya memiliki acara khusus dengan Iriana.

"Ada nanti dengan bu Iriana," ucap Jokowi di lokasi.

Tak hanya di Kebun Raya Bogor, Jokowi juga menyerahkan hewan kurban di sejumlah daerah di Indonesia, salah satunya Surabaya dan Ambon. Mantan Wali Kota Solo itu pun menyumbang sapi jenis limosin seberat 1,7 ton untuk dikorban di Masjid Istiqlal.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading