Sukses

Hasto: Kongres V PDIP Akan Bahas Desain Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Untuk mendorong Indonesia berdikari di bidang ekonomi, kongres PDIP akan memberi perhatian kepada para menteri di perekonomian negara.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, mengakui bahwa Kongres PDIP yang akan dibuka hari ini bakal membahas soal desain kabinet pemerintahan ke depan.

"Kami lebih banyak berbicara tentang bagaimana desain kabinet yang membumikan Pancasila dengan jalan Trisakti," kata Hasto di Grand Inna Bali Beach Hotel, Sanur, Denpasar, Kamis (8/8/2019).

Dia menuturkan, salah satu tujuannya adalah untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat di bidang politik. Dirinya mencontohkan, peran Kementerian Luar Negeri dengan agenda strategis membangun perdamaian dunia. Maka skala prioritas untuk Kemenlu nanti akan dibahas.

Untuk mendorong Indonesia berdikari di bidang ekonomi, kongres PDIP akan memberi perhatian kepada para menteri di perekonomian negara. Termasuk Kementerian BUMN agar dijalankan dalam kerangka politik ekonomi negara sehingga tidak dibentuk adanya superholding.

"Tapi dibentuk sesuai dengan perintah Konstitusi, mengabdi dan menjabarkan seluruh tujuan bernegara dalam ranah ekonomi," jelas Hasto.

Lalu apakah PDIP akan menempatkan kadernya di kabinet? Menurut Hasto, berkaitan dengan posisi strategis di dalam kabinet, PDIP punya kepentingan strategis untuk menempatkan kader-kadernya. Tetapi tema pembicaraan lebih terkait dengan sosok menteri dan bukan nama orang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bicarakan Desain Kabinet Jokowi

Ditegaskannya, PDIP lebih memilih berbicara desain, kriteria, dan agenda strategis. Setelah itu barulah bicara orangnya.

"Kalau menyangkut orang maka dalam waktu yang tepat nanti Ibu Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan kepada Bapak Jokowi dan ini melalui sebuah dialog. Jadi tidak menyodorkan secarik kertas berisi nama. Tidak seperti itu. Melalui dialog, sehingga yang disampaikan sesuai dengan apa yang menjadi desain agenda strategis Pak Jokowi," tukasnya.

Maka itu, kembali ditegaskan Hasto, PDIP akan bicara struktur kabinet terlebih dahulu.

Apakah berarti PDIP akan memberi masukan terhadap nomenklatur kabinet, Hasto menjawab bahwa itu tak akan terjadi. Yang dibicarakan PDIP adalah garis politik negara yang dijabarkan dalam desain kabinet.

"Utamanya yang kami bicarakan adalah hal-hal penting yang secara ideologis menjabarkan konsepsi Trisakti. Konsep tentang kebudayaan, pendidikan, dan tentu saja kami berikan penguatan ditinjau dari tugas ideologi dari tugas menteri pendidikan dan kebudayaan, misalnya," pungkas Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.