Sukses

Top 3 News: Mereka yang Terkenang Akan Sosok Mbah Maimun Zubair

Top 3 News, Jokowi diberikan sorban berwarna hijau yang langsung dikalungkan di lehernya dan sempat diimami salat oleh Mbah Maimun Zubair.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengenang sosok Kiai Maimun Zubair atau Mbah Moen yang telah meninggal dunia, Selasa pagi, 6 Agustus kemarin waktu Makkah, Arab Saudi.

Dalam sejumlah kesempatan, Jokowi tercatat pernah menemui langsung Mbah Maimun Zubair. Salah satunya saat Pilpres 2019, keduanya bertemu di kediaman Mbah Moen di Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, Jawa Tengah.

Jokowi diberikan sorban berwarna hijau yang langsung dikalungkan di lehernya dan sempat diimami salat oleh Mbah Moen. 

Jenazah Mbah Moen kini telah dimakamkan di dekat kuburan istri Rasulullah, Siti Khadijah. Ulama besar Nahdalatul Ulama (NU) itu dimakamkan di Pemakaman Ma'la baru, Makkah. 

Sementara itu, Jokowi mengancam akan mencopot pangdam dan kapolda jika tidak bisa mengatasi kebakaran hutan dan lahan di Pekanbaru, Riau. 

Jika dibandingkan 2015, Jokowi mengatakan karhutla tahun ini menurun 81 persen. Namun dibandingkan 2018, tahun 2019 justru mengalami kenaikan.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Selasa, 6 Agustus 2019:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. 3 Tokoh yang Ditemui Kiai Maimun Zubair atau Mbah Moen Sebelum Meninggal

Ulama besar Kiai Maimun Zubair atau Mbah Moen meninggal dunia di Makkah, Arab Saudi. Ia wafat saat tengah menjalankan ibadah haji.

Mbah Moen wafat sekitar pukul 04.30 waktu setempat pada Selasa (6/8/2019) di Rumah Sakit Ann Nur, Makkah. Dikabarkan, ia tutup usia usai salat subuh.

Saat Pilpres 2019 lalu, Jokowi sempat menemui Mbah Moen. Jokowi bahkan diberikan sorban berwarna hijau yang langsung dikalungkan di lehernya oleh Mbah Moen.

Selain Jokowi, sejumlah tokoh negeri ini juga sempat menemui Mbah Maimun Zubair. Siapa sajakah mereka yang pernah bertemu ulama sepuh Nahdlatul Ulama (NU) ini?

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Jokowi Ancam Copot Pangdam dan Kapolda Jika Tak Mampu Atasi Kebakaran Hutan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi tak mau kebakaran hutan dan lahan (karhutla) 2015 terulang kembali. Jokowi pun menegaskan tak segan mencopot para Kapolda, Kapolres, Danrem, hingga Pangdam yang tidak mampu mengatasi karhutla.

"Aturan main kita tetap masih sama, saya ingatkan kepada Pangdam, Danrem, Kapolda, Kapolres, aturan yang saya sampaikan 2015 masih berlaku (copot jabatan jika tak bisa atasi karhutla)," tegas Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lalu menyinggung kebakaran hutan pada 2015 yang menimbulkan kerugian hingga Rp 221 triliun.

Jika dibandingkan 2015, Jokowi mengatakan karhutla tahun ini menurun 81 persen. Namun dibandingkan 2018, tahun 2019 justru mengalami kenaikan.

"Harusnya ini tiap tahun turun, menghilangkan total," jelasnya.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Mbah Moen Dimakamkan Dekat Makam Istri Rasulullah Siti Khadijah

Warga Nahdliyin memanjatkan doa kepada jenazah KH Maimun Zubair yang wafat saat ibadah haji, Selasa (6/8) waktu subuh di Arab Saudi. Jenazah Mbah Moen dimakamkan di dekat kuburan istri Rasulullah, Siti Khadijah.

Mbah Moen dimakamkan di Pemakaman Ma'la baru. Sementara istri nabi, Siti Khadijah, berada di Ma'la lama. Keduanya terpisah dengan jalan raya.

Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Semarang, KH Anasom menyebut nantinya makam almarhum lokasinya berdekatan dengan makam guru-gurunya dan juga istri Nabi Muhammad SAW.

"Jenazah beliau dimakamkan berdampingan dengan guru-gurunya. Tempatnya satu area dengan makam istri Rasulullah, Siti Khadijah," terangnya.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.