Sukses

Pemerintah Diminta Persiapkan Infrastruktur yang Tahan Gempa

Ketahanan menghadapi bencana, kata Dorodjatun, perlu diadakan dalam pembangunan infrastruktur supaya proyek yang nilainya miliaran rupiah itu tidak sia-sia.

Liputan6.com, Jakarta - Guru Besar Emeritus Universitas Indonesia (UI) Dorodjatun Kuntjoro-Jakti merekomendasikan kepada pemerintah agar tak hanya memfokuskan diri pada pembangunan infrastruktur. Melainkan juga membuat infrastruktur itu tahan bencana.

"Pemerintah (harus) mencoba untuk mempersiapkan ketahanan kita (terhadap bencana) di seluruh proyek infrastruktur yang sedang kita bangun saat ini," kata Dorodjatun di Graha BNPB, Jakarta Timur, Kamis (1/8/2019).

Menurutnya, hal itu disebabkan banyak proyek infrastruktur yang sedang berjalan maupun yang sudah ada berada di wilayah rawan bencana. Misalnya saja pembangunan tol, jembatan dan juga infrastruktur listrik baik di Jawa maupun di Sumatera banyak melalui jalur pegunungan dan wilayah rawan bencana.

Ketahanan menghadapi bencana, kata Dorodjatun, perlu diadakan dalam pembangunan infrastruktur supaya proyek yang nilainya miliaran rupiah itu tidak sia-sia karena rusak akibat bencana.

"Saya kira pemeliharaan dari apa yang sudah dibangun ini menjadi sangat penting. Jadi karena itu, infrstruktur dibangun terus harus dipersiapkan untuk menghadapi bencana alam," jelasnya.

Dorodjatun juga menjelaskan, Indonesia merupakan negara yang amat penting di dunia. Selain sebagian wilayahnya merupakan jalur perdagangan yang setiap harinya tidak kurang dari 5.000 kapal melewati Selat Malaka, Indonesia juga wilayah yang penting untuk menopang kebutuhan bahan tambang dunia.

Oleh kerenanya, jika terjadi bencana yang menggangu infrastruktur di Indonesia, maka bukan tidak mungkin aktivitas perekonomian pun turut terdampak.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Hal yang Disiapkan untuk Mitigasi

Dorodjatun mengatakan ada dua yang perlu dipersiapkan dalam memitigasi bencana di seluruh wilayah Indonesia.

Pertama ialah menjadikan seluruh perguruan tinggi yang berada di sekitar wilayah berpotensi bencana sebagai pusat kajian kebencanaan di daerah tersebut.

"Yang pertama analisa atas data senter yang dibangun atas kerjasama dengan berbagai universitas di daerah-daerah yang pekat terhadap bencana," katanya.

Kedua, lanjut Dorodjatun, ialah mensiagakan pasukan TNI di sekitar wilayah rawan bencana. Hak itu supaya ketika terjadi bencana TNI bisa sigam membantu.

"Dari TNI saya kira perlu dipersiapkan. Betul-betul kesiagaan dari Zeni TNI diperlukan. Bukan hanya di darat tetapi juga di laut, bandara," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.