Sukses

PKS: FPI Tidak Bertentangan dengan Pancasila

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid menilai FPI tidak bertentangan dengan Pancasila.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid menilai FPI tidak bertentangan dengan Pancasila. Kata dia, pimpinan FPI Rizieq Shihab kerap bicara memperjuangkan NKRI dan Pancasila.

"Berkali-kali Rizieq berbicara memperjuangkan NKRI dan tidak ada wacana mengganti Pancasila," ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (30/7/2019).

Ia menambahkan, kegiatan FPI dekat dengan rakyat karena berada di garda terdepan masyarakat. Seperti membantu korban banjir.

Wakil ketua MPR itu mengatakan, Kemendagri belum perpanjang izin FPI bukan berarti menolak perpanjangan izin. Menurutnya hal biasa saja soal perpanjangan izin lima tahunan bagi organisasi masyarakat.

Sehingga tidak perlu Kementerian Dalam Negeri membesar-besarkan izin FPI. Sementara, ormas lain tidak ditanyakan apakah sudah perpanjang atau belum.

Dia menilai pernyataan Presiden Jokowi soal FPI sangat normatif. Menurutnya, kalau tidak bertentangan jelas tidak boleh dibubarkan. Sebab pula ada mekanisme hukum jika ingin membubarkan FPI.

"kalau tidak bertentangan dengan ideologi bangsa kan berarti tidak perlu dibubarkan. Dan apalagi kita adalah negara hukum, seluruh mekanisme pembubaran haruslah melalui mekanisme hukum yang ada di Indonesia," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.