Sukses

Anies: Betawi Jangan Jadi Tamu di Kota Sendiri

Gubernur DKI Anies Baswedan menyatakan, Jakarta adalah simbol persatuan Indonesia. Dia ingin warga Jakarta menjadi tuan rumah di kotanya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Anies Baswedan menyatakan, Jakarta adalah simbol persatuan Indonesia. Dia ingin warga Jakarta menjadi tuan rumah di kotanya sendiri.

"Kita ingin Jakarta, di mana menjadi tuan rumah adalah kita sendiri," kata Anies di acara Lebaran Betawi Monas, Jakarta Pusat, Minggu (21/7/2019).

Anies menyebut kebudayaan Betawi harus dikembangkan dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Jangan sampai menjadi penonton di kota sendiri, tidak boleh merasa asing di kota sendiri. Ini tanah kita, ini air kita, ini tanah air kita. Karena itu menjadi tradisi dikembangkan, dan ditumbuhkan bukan pelestarian, kalau pelestarian menjadi barang kuno," kata dia.

Mantan Mendikbud itu mencontohkan tradisi Betawi yakni takbir keliling. Sempat dilarang, kini Anies mengizinkan kembali takbir keliling malam lebaran dilaksanakan.

"Jangan sampai menjadi tamu di kota sendiri," ucapnya.

Lebaran Betawi ini mengusung tema "Dengan Budaye Kite Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia". Selain Anies Baswedan, nampak Ketua Bamus Betawi Abraham Lunggana alias Lulung hadir. Selain itu hadir pula politisi PKS Hidayat Nur Wahid.

Ketua Panitia Lebaran Betawi, M Rifqi mengatakan kegiatan ini dimeriahkan beragam acara yang mengandung unsur kesenian khas Betawi, antara lain sohibul hikayat, tanjidor, gambus, marawis, palang pintu, tarian Betawi, atraksi silat Betawi, gambang kromong, dan lenong.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.