Sukses

Persija Vs Persib, Suporter Dilarang Bawa Benda Keras ke Stadion GBK

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan suporter Persija Jakarta, Jakmania memasuki area Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Satu per satu suporter diperiksa oleh pihak kepolisian dan juga TNI.

Pantauan merdeka.com, badan dan barang bawaan penonton dicek. Suporter juga dilarang membawa minuman air mineral.

"Kita cek semuanya ya barang bawaannya mereka. Untuk air mineral baik botol ataupun gelas plastik kita tidak bolehkah masuk," kata seorang anggota kepolisian, Kompol Heri yang menjaga pintu E, Rabu (10/7/2019).

Nantinya, kata Heri, pihaknya telah menyediakan plastik untuk tempat wadah air mineral. "Kita siapkan plastik, jadi air minum yang masuk hanya berbentuk plastik saja," katanya.

Dalam pemeriksaan, Heri mengaku tak menemukan benda mencurigakan yang dibawa suporter pertandingan Persija kontra Persib. Namun, kepolisian hanya menemukan satu gulung kertas yang masih utuh.

"Hanya itu saja ya, mudah-mudahan tidak ada benda lain. Ya itu kertas kan kalau dilempar berbahaya, keras," pungkas Heri.

2 dari 3 halaman

Antisipasi Bobotoh Menyamar

Kepolisian telah menyiapkan segala cara untuk mengamankan pertandingan Persija vs Persib. Salah satunya mengantisipasi kehadiran suporter Persib atau Bobotoh, ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat yang menyamar sebagai pendukung Persija.

"Kami lakukan antisipasi adanya upaya penonton dari Bobotoh ataupun Viking yang melakukan penyamaran, menjadi seperti Jak Mania," ujar Kabag Ops Polres Jakarta Pusat, AKBP Deddy Supriadi, saat ditemui di SUGBK, Selasa (10/7/2019).

Menurut dia, kepolisian memeriksa setiap penonton yang masuk ke SUGBK untuk menyaksikan pertandingan Persija vs Persib.

"Dalam hal ini kita lakukan body checking keseluruhan, baik barang bawaan maupun yang melekat. Itu juga kita lakukan pada suporter yang jenis kelamin wanita, makanya kita siapkan polwan," kata Deddy.

Sebelumnya, kepolisian melarang suporter Persib menghadiri laga melawan Persija di GBK pada hari ini. Hal ini diambil usai melakukan rapat tersebut di Polda Metro Jaya bersama seluruh stakeholder dan kedua tim.

"Rapat tersebut dihadiri oleh petugas pengamanan baik itu dari Polri-TNI, dan Pemda kan ada Satpol PP, Damkar, dan kesehatan. Kemudian juga ada korlap daripada Jakmania dan ada juga manajer Persija juga kita libatkan. Kalau penonton dari Persib yang ada di Bandung nonton di rumah. Kan ada TV," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono soal Persija vs Persib di Polda Metro Jaya, Senin 8 Juli 2019.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Supardi Berharap Persib Kembali Temukan Karakter Permainan
Artikel Selanjutnya
Shopee Liga 1 2019: Persib Bandung Hajar Persipura Jayapura