Sukses

Jokowi Dorong Peningkatan Kerja Sama Australia dalam Pendidikan Vokasi

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, dalam lima tahun ke depan, prioritas pembangunan di Indonesia akan difokuskan pada isu pengembangan sumber daya manusia, termasuk di bidang pendidikan vokasi dan pendidikan tinggi. Oleh karenanya diharapkan adanya peningkatan kerja sama kedua negara di bidang tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi kala mengadakan pertemuan bilateral dengen PM Australia Scott Morrison di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di INTEX, Osaka, Jepang, pada Sabtu (29/6/2019). 

Selain membahas kerja sama di bidang pendidikan, pertemuan itu juga membahas kerja sama di bidang ekonomi, khususnya mengenai Pacific Exposition di Auckland. 

"Saya sangat mengapresiasi dukungan Australia terhadap pelaksanaan Pacific Exposition di Auckland Juli 2019," kata Jokowi.  

Pelaksanaan eksposisi ini, ucap Jokowi, akan meningkatkan hubungan ekonomi antar negara–negara Pasifik.

 

2 dari 3 halaman

Ucapan Selamat dari PM Australia

Sebelumnya, di awal pertemuan dengan PM Morrison, Jokowi mendapatkan ucapan selamat dari PM Australia itu atas terpilih kembali dirinya sebagai presiden.

"Terima kasih atas ucapan selamat setelah penghitungan suara selesai dilakukan di Indonesia," ucap Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menjelaskan tentang Outlook ASEAN Indo-Pasifik yang baru saja disepakati oleh para pemimpin ASEAN dalam KTT ke-34 ASEAN di Thailand lalu.

Outlook ASEAN Indo-Pasifik merupakan konsep kerja sama negara-negara yang berada di sepanjang Samudra Hindia dan Pasifik dalam hal peningkatan kerja sama dengan mengedepankan prinsip keterbukaan dan penghormatan terhadap hukum internasional. 

Selain memuat cara pandang, ucap Presiden, prinsip-prinsip Outlook tersebut juga memuat bidang kerja sama yang ingin dilakukan ASEAN dengan mitranya.

"Saya menghargai respons positif Australia terhadap ASEAN Outlook tersebut. Saya juga berharap Australia dapat melakukan kerja sama dengan ASEAN dalam berbagai bidang yang ada di dalam Outlook," ujar Jokowi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Soal Isu Reshuffle, Ketua DPR: Itu Warning untuk Semua Menteri
Artikel Selanjutnya
Isu Reshuffle, Istana: Mohon Dimaafkan Dulu Menteri yang Tak Cepat Beradaptasi