Sukses

H+6 Lebaran, Stasiun Pasar Senen Masih Dipadati Pemudik

Liputan6.com, Jakarta - Stasiun Pasar Senen masih dipadati pemudik yang kembali ke Jakarta pada Selasa (11/6/2019). Hal itu terlihat dari masih ramainya penumpang kereta api yang turun di stasiun tersebut pada H+6 Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.

Pantauan Liputan6.com, para pemudik membawa koper yang cukup besar beserta tas ransel di punggung mereka.

Sebagian dari mereka membawa kardus yang dijinjing di tangan. Sebagian terlihat membawa anak-anak atau balita.

Petugas keamanan stasiun serta aparat keamanan dari TNI dan Polri juga masih berjaga-jaga di area stasiun. Pos keamanan juga yang masih berdiri di samping area tunggu Stasiun Pasar Senen.

Menurut rilis yang diberikan dari pihak Humas Stasiun Pasar Senen, sejak Kamis, 6 Juni hingga hari ini Selasa, 11 Juni 2019, jumlah kedatangan di Stasiun Pasar Senen mencapai 139.748 penumpang.

Sedangkan volume keberangkatan sejak H-10 lebaran hingga hari ini mencapai angka 424.257 penumpang.

Pihak stasiun juga mengungkapkan, hari ini 26 kereta api reguler akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen. Ditambah 8 kereta api tambahan serta dua kereta api tambahan ekstra.

2 dari 3 halaman

Arus Puncak

Sebelumnya, puncak arus balik libur lebaran di Stasiun Pasar Senen dan Gambir, Jakarta Pusat, diprediksi akan berlangsung mulai Minggu 9 Juni 2019.

Senior Manager Humas DAOP 1 Jakarta, Eva Chairunisa menyampaikan, untuk di Stasiun Pasar Senen tercatat akan ada 23.744 penumpang yang turun. Sementara di Stasiun Gambir ada 19.850 penumpang yang tiba.

"Puncak arus balik diprediksi akan mulai lebih padat pada Minggu 9 Juni 2019 atau H+3 sampai dengan 16 Juni 2019 atau H+10," tutur Eva dalam keterangannya.

Adapun pemudik yang berangkat meninggalkan Jakarta lewat Stasiun Pasar Senen dan Gambir pun tetap terbilang masih tinggi.

Tercatat hari ini ada sekitar 24.138 pemudik di Stasiun Pasar Senen. Jumlah tersebut masih di atas rata-rata penumpang harian pada waktu normal yakni berkisar 13 ribu sampai dengan 15 ribu per hari.

"Sementara untuk Stasiun Gambir hari ini masih tercatat ada sekitar 18.826 pemudik yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta," jelas Eva.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading