Sukses

5 Pos Polisi Korban Rusuh 22 Mei Tuntas Diperbaiki

Dia menjelaskan, perbaikan seluruh pos polisi yang dibakar tersebut didanai oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan, lima pos polisi yang dirusak perusuh massa aksi 21-22 Mei 2019 selesai diperbaiki.

"Sudah selesai semua ya diperbaiki," kata Yusuf, Sabtu (8/6/2019).

Lima pos polisi yang rusak itu yakni pos polisi di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, pos polisi di Jalan Layang Slipi Jaya, pos polisi di Jalan Cut Mutia, pos polisi di Tugu Tani dan pos polisi di Jalan Sabang.

Dia menjelaskan, perbaikan seluruh pos polisi yang dibakar tersebut didanai oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Iya dari Pemda semua (perbaikannya)," jelasnya.

Saat ini, personel lalu lintas telah kembali menggunakan pos yang semula dibakar tersebut. Karena, pos polisi tersebut sudah usai diperbaiki sebelum Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Selesai sebelum lebaran kemarin dan sudah bisa dipergunakan," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dirusak Massa

Sebelumnya, sekelompok massa menggelar aksi di depan Kantor Bawaslu RI, pada Selasa 21 Mei lalu. Mereka menolak hasil Pemilu 2019 yang mana Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul atas lawan yakni Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Aksi yang digelar selama tiga hari itu berujung rusuh dengan membakar ban atau barang lainnya dan melempari batu ke arah aparat keamanan yang bertugas.

Tak butuh waktu lama, polisi pun menangkap ratusan massa yang diduga membuat onar sebanyak 257 orang pada 22 Mei 2019 dan 185 orang pada 23 Mei 2019. Total, ada 442 perusuh yang ditangkap dan dijadikan tersangka.

Penangkapan itu dilakukan di sejumlah titik kerusuhan seperti dj Jalan MH Thamrin, depan Kantor Bawaslu, daerah Monumen Patung Kuda Arjuna Wiwaha, kawasan Menteng, Slipi, dan Petamburan.

Reporter: Nur Habibie

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.