Sukses

Kapolri Berharap Damai Idul Fitri Berlanjut ke MK

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian, berharap kelak sidang gugatan sengketa Pemilu 2019 di Mahkamah Konstitusi dapat berlangsung damai, layaknya suasana Lebaran tahun ini.

"Secara umum, situasi stabilitas kamtibmas selama operasi Mantap Bratayang dilakukan mulai 29 Mei sampai dengan hari ini relatif stabil di seluruh Indonesia," ujar Tito, di Markas Besar Kepolisian Indonesia, Jakarta, Rabu 5 Juni 2019.

Menurut dia, belum ada laporan adanya gangguan keamanan dari seluruh penjuru Tanah Air pada Lebaran ini. Begitu juga dengan kriminalitas jalanan.

"Bentuk kriminal begal misalnya, di mana Sumatera Selatan dan Lampung biasanya ada, ini tidak ada," kata Tito.

Bahkan, terjadi penurunan angka kecelakaan lalu lintas yang signifikan pada Lebaran 2019. "Lebih dari separuh turunnya," sambung dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Bom Kartasura

Dia juga mengungkapkan, bom bunuh diri di Sukoharjo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu memang sempat mengagetkan masyarakat. Namun, kejadian tersebut berhasil diatasi dengan cepat dan tidak menimbulkan gejolak.

Menurut dia, suasana kondusif ini merupakan sinyal baik, yang juga menandakan bahwa masyarakat menginginkan keamanan dan perdamaian.

"Kami berharap hikmah Lebaran di seluruh Indonesia ini bisa berlanjut terus, termasuk situasi politik dan ke MK. Masyarakat mendambakan kedamaian, tidak menghendaki kerusuhan. Mari kita hormati proses yang ada dengan damai dan tertib," kata Tito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.