Sukses

TMP Kalibata Bersiap untuk Upacara Pemakaman Ani Yudhoyono

Liputan6.com, Jakarta - Taman Makam Pahlawan Kalibata sebagai rencana tempat dikebumikannya istri Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono pagi ini sudah terlihat ramai.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, sejumlah wartawan sudah terlihat di lokasi sejak pukul 7.00 WIB.

Paspampres juga terlihat berjaga-jaga di sekitar liang lahat. Mereka menghalau pihak-pihak yang hendak mendekati liang lahat tempat dimakamkannya Ani Yudhoyono.

Aparat TNI serta polisi juga terlihat di lokasi. Sedikit dari mereka lalu-lalang di sekitar pemakaman, dan sebagian besar ada di sekitar danau TMP Kalibata.

Polisi Lalu Lintas juga terlihat sedang upacara di seberang TMP Kalibata. Mereka rencananya akan diterjunkan untuk mengamankan lalulintas di jalan sekitar TMP Kalibata.

Beberapa warga yang penasaran ingin melihat-lihat pemakaman Almarhumah Ani Yudhoyono berada di depan gerbang TMP Kalibata.

Ibu Ani wafat Sabtu (1/6/2019), pukul 11.50 waktu Singapura atau sekitar 10.50 WIB.

Jenazah diterbangkan ke Indonesia sekitar pukul 20.30 WIB dan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 22.11 WIB.

Ibu Ani berjuang melawan kanker darah yang diidap dan mulai terdeteksi sejak Februari 2019.

2 dari 3 halaman

Jokowi Irup Pemakaman

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan akan memimpin upacara prosesi pemakaman Ibu Negara Presiden ke-6 RI, Ani Yudhoyono. Jenazah direncanakan akan dimakamkan Minggu (2/6/2019) siang di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Berdasarkan rencana pemakaman yang dilansir Chief Communication Officer The Yudhoyono Institute, Ni Luh Putu Caosa Indryani, jenazah akan disemayamkan di rumah duka di Puri Cikeas pada pukul 08.00 WIB, yaitu di Pendopo Cikeas.

"Untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang akan memberikan penghormatan terakhir," kata Osa dalam keterangan tertulisnya, Minggu (2/6/2019).

Pada pukul 12.00 WIB, digelar Salat Dzuhur berjamaah dan dilanjutkan dengan Salat Jenazah.

Pukul 13.30 WIB, upacara persemayaman Jenazah Ibu Ani di Pendopo Cikeas dan dilanjutkan dengan perjalanan menuju TMP Kalibata dengan Inspektur Upcara Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Pukul 15.00 WIB dilakukan pemakaman Jenazah dengan prosesi militer dengan Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo.

Adapun rute perjalanan rombongan Jenazah Ani Yudhoyono adalah, kediaman Puri Cikeas-Jalan Alternatif Trans Yogi Cibubur-Masuk Pintu Gerbang Tol Cibubur arah Jakarta-Jalan Tol Jagorawi-Cawang-Tol Dalam Kota-Keluar Pintu Tol Pasar Minggu Pancoran-Jalan Raya Pasar Minggu-Taman Makam Pahlawan Kalibata.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Demokrat Akan Bangun Museum untuk Ani Yudhoyono di Pacitan
Artikel Selanjutnya
100 Hari Ani Yudhoyono Berpulang, Ini Kenangan SBY Akan Sosok Memo