Sukses

Engkus, Peraih Liputan6 Awards 2019: Ilmu Kalau Tidak Disampaikan Akan Sia-Sia

Lewat media sosial itulah Engkus mengajar bahasa Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan berbagai keterbatasan, Engkus Al Getuk berhasil mengajarkan ilmu yang dikuasainya yakni bahasa inggris. Besar alasan penghargaan Liputan6 Awards 2019 kategori Pantang Menyerah jatuh kepadanya.

Engkus merupakan penyandang disabilitas. Sejak usia empat bulan, tubuhnya mengalami kelainan akibat sakit yang dideritanya. Kedua tangannya melengkung, begitu juga kakinya. Dia tidak mampu berdiri apalagi berjalan.

Meski tak pernah duduk di bangku sekolah, Engkus nyatanya mampu menjadi pengajar bahasa Inggris. Hanya dengan mengandalkan jari kaki, dia membuat grup facebook 'Ayo Belajar Bahasa Inggris dari Nol'.

Lewat media sosial itulah Engkus mengajar bahasa Inggris. Anggota grup tersebut mencapai lebih dari 36 ribu orang dan berasal dari berbagai daerah, bahkan mancanegara dengan beragam latar belakang profesi.

Dalam acara penyerahan penghargaan Liputan6 Awards 2019, Engkus cukup kesulitan berucap. Suasana hatinya penuh haru.

"Terima kasih," tutur Engkus di atas panggung, SCTV Tower, Jakarta Selatan, Sabtu (25/5/2019).

Hanya kalimat itu yang jelas terdengar dari mulut Engkus. Pelan-pelan, warga Sukabumi, Jawa Barat itu menarik napas dan menyampaikan pesannya dengan lebih lugas.

"Karena ilmu itu kalau tidak disampaikan akan sia-sia," ucapnya.

Itu menjadi alasan kenapa Engkus terus aktif mengajar lewat sosial media. Kemampuan bahasa inggrisnya yang didapat lewat otodidak membaca kamus dan koran asing pun dibagikan kepada masyarakat luas.

"Buat semua, jangan pernah berputus asa. Tunjukkan bahwa kita mampu dan berguna buat orang lain," Engkus menandaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Liputan6 Awards

Liputan6 Awards sebagai program bakti kepada Indonesia yang terus berupaya berkontribusi untuk bangsa, khususnya terkait perdamaian. Untuk itu, tahun ini pun mengusung tema 'Untukmu Indonesia'.

Ada lima kategori dalam penganugerahan penghargaan yaitu Kesehatan, Lingkungan, Pantang Menyerah, Komunitas Kemanusiaan, dan Olahraga.

Tahun ini, Liputan6 Awards kembali menyeleksi 16 kandidat dalam lima kategori berbeda tersebut.

Hasil seleksi Tim Redaksi Liputan6 akan memilih kandidat pemenang melalui sisi kemandirian, konsistensi, cakupan dampak, dan inspirasi.

Adapun dewan juri dalam penghargaan Liputan6 Awards 2019 adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai ketua dewan juri, Social Entrepreneur Rhenald Kasali, Tokoh Filantropis Irwan Hidayat, Deputy Director Programming SCTV David Suwarto, dan Pemred Liputan6 SCTV Mohamad Teguh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.