Sukses

Imam Besar Masjid Istiqlal: Hadapi Ramadan dengan Penuh Kedamaian

Nazaruddin ingin masyarakat harus bisa bersyukur dengan sistem demokrasi yang berlaku di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar berharap bulan suci ramadan menjadi rahmat bagi semua pihak. Menurutnya, seluruh umat harus bersatu dalam merayakan ramadan.

"Kami berharap ramadan menjadi rahmat bagi kita semua. Kami mengajak umat untuk mengahadapi ramadan dengan penuh solidaritas, ketenangan, kebahagiaan, dan kedamaian," kata Nazaruddin dalam Multaqo Ulama di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (3/5/2019) malam.

"Tidak ada perbedaan antara warga Indonesia. Definisi warga Indonesia adalah sahabat hingga keluarga," sambungnya.

Lebih lanjut, Nazaruddin ingin masyarakat harus bisa bersyukur dengan sistem demokrasi yang berlaku di Indonesia. Sebab, menurutnya banyak negara yang tidak memberi ruang bagi warganya untuk menyampaikan aspirasi.

"Kita bersyukur Indonesia tampil menjadi negara demokrasi. Banyak negara sekarang ini ingin seperti Indonesia. (tapi) tidak bisa. (karena) nasib mereka ditentukan oleh segelintir darah biru," ujarnya.

Di sisi lain, Nazaruddin juga meminta semua pihak tidak saling mencela saat ramadan. Ia juga meminta semua pihak tidak menganggap enteng pihak lain.

"Kalau kita membiarkan suara kita menghujat orang sementara kita sedang puasa, kita tahu kan dosanya. Jadi berhentilah. Mari kita kedepankan bulan suci ramadan," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.