Sukses

Massa Demo Buruh Bubar, Ratusan Pasukan Oranye Bersihkan Lokasi

Aswan mengatakan, pasukan oranye dikerahkan terlebih dahulu ke jalan agar massa segera meninggalkan lokasi aksi.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan pasukan oranye atau Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dari Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat membersihkan sampah yang tersisa usai peringatan Hari Buruh Internasional di Jakarta, Rabu (1/5/2019).

Berbekal sapu lidi dan sejumlah alat pembersih, ratusan pasukan oranye itu disebar pada beberapa ruas antara lain Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Medan Merdeka Barat.

Pengawas Suku Dinas Lingkungan Hidup Kecamatan Gambir Jakarta Pusat, Aswan mengatakan, pasukan oranye dikerahkan terlebih dahulu ke jalan agar massa segera meninggalkan lokasi aksi.

"Instruksinya dari polisi, pasukan oranye turun dulu, biar massa bubar," kata Aswan saat ditemui di depan Patung Kuda.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersihkan Taman

Selain membersihkan badan dan tepian jalan, Aswan mengatakan, pasukan oranye juga dikerahkan untuk membersihkan taman, fasilitas umum seperti jembatan penyeberangan dari sampah.

"Kita sebar pasukannya di tiap titik ada empat orang," kata Aswan seperti dilansir dari Antara. 

Sampah yang dibersihkan petugas mencakup bungkus rokok, puntung rokok, sampah plastik, botol minum, kaleng minum kemasan, dan kertas.

Massa mulai berdemonstrasi memperingati Hari Buruh Sedunia di Patung Kuda sejak pukul 10.00 WIB. Mereka membubarkan diri secara individu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.