Sukses

Ternyata Anjing Juga Bisa Dilatih Penanganan Bencana

Tidak hanya pandai mengendus narkoba, anjing juga ternyata bisa membantu manusia pada proses pencarian dan penyelamatan dalam bencana.

Liputan6.com, Jakarta: Kecerdasan anjing memang tidak dipungkiri lagi. Selain pandai mengendus narkoba, hewan ini ternyata bisa membantu manusia saat proses pencarian dan penyelamatan dalam bencana. Untuk itu, anjing dituntut tidak sekadar pandai berenang, tapi juga melakukan penyelamatan korban di air.

Menurut Andrew, pelatih anjing Jakarta Rescue, belum lama berselang, dalam pelatihan untuk penyelamatan bencana selain harus memiliki hasrat tinggi untuk bermain dan makan, anjing juga harus memiliki tingkat kepatuhan yang tinggi sebelum diberi pelatihan ketangkasan.

Setiap anjing diberi pelatihan spesialiasi, seperti pencarian korban di ruang sempit, di mobil, maupun reruntuhan bangunan. Dikatakan Andrew, setelah menemukan korban anjing akan memberi isyarat seperti gonggongan minimal lima kali maupun cakaran. Namun, keberhasilan juga ditentukan dengan hubungan erat antara pelatih dan anjing.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini