Sukses

Dibuka Kembali, Ini Wajah Baru Halte Transjakarta Bundaran HI

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta kembali membuka halte Transjakarta Bundaran Hotel Indonesia (HI), Menteng, Jakarta Pusat. Halte yang berlokasi di Jalan MH Thamrin pun langsung terintegrasi dengan Staisun MRT Jakarta, Bundaran HI.

Liputan6.com berkesempatan melihat secara langsung jalur pengintegrasian dari halte Transjakarta ke stasiun MRT. Bila penumpang Transjakarta ingin langsung menggunakan MRT Jakarta langsung menuruni tangga yang disediakan.

Terdapat 63 anak tangga untuk menuju lantai satu atau kawasan concourse stasiun MRT. Setelah melakuan tapping out, penumpang tinggal menuju lokasi passanger gate.

Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan pelanggan Transjakarta maupun MRT Jakarta yang bergaya hidup aktif bisa menggunakan tangga untuk konektivitas antarmoda transportasi yang telah disediakan.

"Sedangkan bagi penyandang disabilitas ataupun berkebutuhan khusus, bisa memanfaatkan fasilitas lift kemudian menggunakan pelican crossing untuk integrasi Transjakarta dengan MRT Jakarta," kata Agung di Jakarta, Senin (25/3/2019).

Selain terintegrasi dengan stasiun, Halte Bundaran HI juga telah menerapkan konsep terbuka dengan pintu rendah. Agung juga menyebut halte tersebut memiliki desaian ornamen etnis.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan halte berlokasi di Jalan MH Thamrin itu pertama yang diintegrasikan dengan stasiun kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta. Dia mengharapkan pengintegrasian itu dapat dilakukan di semua stasiun.

"Kita sudah membuka halte Transjakarta yang terintegrasi dengan MRT. Ini salah satu hal baru yang kita dorong adalah bukan sekedar pengelolaan moda transportasi yang baik tetapi integrasi atau perpindahan antarmoda," kata Anies di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Senin (25/3/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan untuk menuju halte Bundaran HI tersebut, awalnya dia menggunakan MRT dari Stasiun Istora. Pantauan Liputan6.com saat tiba di Stasiun Bundaran HI, Anies langsung menuju ke rute integarsi Transjakarta yang berlokasi di lantai pertama atau concourse.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Hujan Deras Mengguyur Jakarta, Transjakarta Tetap Beroperasi Normal
Artikel Selanjutnya
Tetap Gratis, Penumpang Bus GR dan Wisata Transjakarta Wajib Tap In Mulai 1 Februari