Sukses

3.874 Siswa Diterima SNMPTN Sumatera Utara

Liputan6.com, Medan - Sebanyak 3.874 siswa di Sumatera Utara (Sumut) dinyatakan lulus oleh ‎Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019.

Jumlah 3.874 siswa yang lulus SNMPTN itu terbagi menjadi 2.508 di Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Negeri Medan (Unimed) sebanyak 1.366 siswa.

Kepada para siswa yang dinyatakan lulus tersebut agar segera melakukan daftar ulang dan melihat informasi lanjut di laman resmi SNMPTN http://pengumuman.snmptn.ac.id‎.

Rektor Unimed Prof Syawal Gultom mengatakan, pihaknya sangat senang siswa yang lulus telah menjadi bagian dari keluarga besar Unimed, karena sudah bergabung menjadi warga Unimed.

"Peserta SNMPTN yang belum lulus masih punya kesempatan untuk bersaing kembali di jalur SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Dua jalur masuk di PTN ini, akan segera dibuka pada tahun ini," ujar Syawal, Jumat (22/3/2019).

Dia mengingatkan, bagi yang telah dinyatakan lulus agar segera mempersiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk daftar ulang dan melihat jadwal-jadwal penting.

Hal ini, kata Syawal, untuk melakukan daftar ulang agar tidak terlambat.

"Percayalah, jika saudara yang belum lulus SNMPTN yakin dan tetap berusaha, serta serius dalam belajar, mudah-mudahan dapat lulus di dua jalur tersebut (Seleksi Mandiri dan SBMPTN)," pungkas Syawal.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Daftar UTBK

Kepala Humas, Protokoler, dan Promosi USU Elvi Sumanti menyebut, pengumuman SMNPTN disampaikan satu hari lebih awal dari yang ditetapkan LTMPT, yaitu pada Sabtu 23 Maret 2019.

Hal itu mengingat proses seleksi jalur SNMPTN sudah dapat diselesaikan dengan lebih cepat.

Elvi juga mengungkapkan, selain itu juga untuk memberikan kesempatan bagi siswa yang tidak lolos SNMPTN sehingga dapat mendaftar SBMPTN UTBK Gelombang I.‎ Kemudian, mengikuti jalur Mandiri yang akan dibuka di USU.

"Tahun Akademik 2019/2020, USU akan menerima sebanyak 2.508 calon mahasiswa dari jalur SNMPTN. Sementara jumlah bidik misi yang diterima sebanyak 650 orang," kata Elvi.

Sebelumnya LTMPT Kementeristekdikti mengumumkan hasil SNMPTN pada hari ini.

Untuk peserta yang lulus di 85 PTN se-Indonesia sebanyak 92.331 Siswa. Jumlah pendaftar SNMPTN‎ di tanah air sebanyak 478.608 siswa.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS