Sukses

Begini Kondisi Permukiman Warga Lombok Usai Diguncang Gempa Magnitudo 5,8

Fokus, Lombok Timur - Akibat gempa berkekuatan magnitudo 5,8 menggucang Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), adan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok mencatat ada sekitar 499 rumah yang mengalami kerusakan parah. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (18/3/2019), rumah-rumah yang mengalami kerusakan parah dan sedang ada di Kecamatan Sembalun, Kecamatan Sambalia, Kecamatan Aik Mel serta Kecamatan Pringgasela.

Tidak hanya kerusakan dalam hal infrastruktur, korban luka juga tak dapat dihindarkan. Tercatat ada 20 orang mengalami luka berat dan 30 lainnya mengalami cedera ringan.

Karena kondisi hunian mereka rusak akibat gempa ini, sejumlah warga mengalami trauma karena sebelumnya mereka pernah mengalami gempa bumi yang meluluh lantakan rumahnya.

Sementara itu, akibat gempa bumi ini, 40 orang wisatawan domestik dan pengunjung asal Malaysia terjebak longsoran tebing di kawasan wisata Air Terjun Tiu Kelep di Kecamatan Bayan, Lombok Utara.

Tiga orang meninggal dunia karena terkena reruntuhan tebing. Dua orang di antaranya berasal dari Malaysia. Karena medan yang curam, petugas BPBD setempat mengevakuasi para korban dengan menggunakan peralatan yang ada. Jati diri para korban masih diindentifikasi petugas.

Para wisatawan yang terluka kini tengah mendapatkan perawatan medis di rumah sakit terdekat.  (Muhammad Gustirha Yunas)