Sukses

Polisi Autopsi Jasad Karyawan JAS yang Tewas Diduga Bunuh Diri

Kuasa Hukum Keluarga Agus Kosasih, Nana Sumarna menyampaikan, kejanggalan yang dirasakan keluarga salah satunya soal keseharian almarhum yang dinilai tanpa masalah.

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga karyawan PT JAS, Agus Kosasih (45) yang ditemukan tewas dengan kondisi gantung diri di Terminal Kargo Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Kota Tangerang, memilih untuk melakukan autopsi meski jasad almarhum sudah dikebumikan. Hal itu lantaran ada sejumlah kejanggalan yang dirasakan. 

Mereka kemudian melayangkan surat permohonan kepada pihak kepolisian dan disetujui. Tim penyidik dan forensik pun mengautopsi jasad Agus Kosasih langsung di pemakaman TPU Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur.

Kuasa Hukum Keluarga Agus Kosasih, Nana Sumarna menyampaikan, kejanggalan yang dirasakan keluarga salah satunya soal keseharian almarhum yang dinilai tanpa masalah.

"Pada hari kejadian beliau di keluarganya tidak ada masalah. Sangat sayang dengan kedua putrinya, istrinya, dan keluarga besarnya. Berlaku baik-baik semua. Makanya begitu pagi ada ketahuan beliau meninggal katanya gantung diri, keluarga merasa janggal dan tidak terima," tutur Nana kepada Liputan6.com di lokasi, Rabu (13/3/2019).

Ibu Agus Kosasih, Rukmiyati mengatakan, awalnya keluarga merasa pasrah dan jasad langsung dikuburkan sesuai dengan anjuran Islam. Namun belakangan, sang istri bercerita kepada keluarga besar bahwa ada kondisi yang menimbulkan munculnya asumsi dugaan pembunuhan.

"Dia pernah tegur pegawai lain yang mencuri di kargo. Hari gini masih nyuri. Gitu. Kan ditemukan kata polisi bunuh diri. Yang mandiin aja pada Astaghfirullah-Astaghfirullah lihat badannya," kata Rukmiyati.

Pihak keluarga yang memandikan mengaku melihat sejumlah memar di tubuh korban. Seperti bagian bibir pecah, memar biru di kedua lengan, punggung, perut dan betis kaki sebelah kanan.

"Nggak punya masalah di keluarga. Dia baru pulang 100 hari umrah. Lagi rajin-rajinnya ibadah. Tiap saat ngingetin salat," ujar Rukmiyati.

Adik kandung Agus Kosasih, Yuli menambahkan, istri almarhum sempat menyebut adanya permasalahan kenaikan jabatan. Rencananya bulan Februari akan diangkat menjadi kepala teknisi. 

Apalagi saat ditemukan, Agus Kosasih hanya menggantung dengan lutut menyentuh tanah. 

"Kan posisinya aja kalau mau bunuh diri sih masa gitu, kalau mau bunuh diri kan tinggi (tempatnya)," kata Yuli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cek CCTV

Kasat Reskrim Polresta Bandara Soekarno-Hatta Kompol James Hasudungan Hutajulu menyebut, saat jasad Agus Kosasih ditemukan, pihaknya sudah bermaksud melakukan autopsi. Tapi dari pihak keluarga memilih untuk langsung dimakamkan.

"Dari hasil penyelidikan yang telah dilakukan, tidak ditemukan adanya penganiayaan atau kekerasan pada tubuh korban. Namun saat berjalannya proses penyelidikan tersebut, dari pihak keluarga mengirimkan surat kepada kami untuk meminta agar tetap dilakukan autopsi," beber James.

Untuk itu, penyidik kemudian menggelar autopsi bersama tim kedokteran Forensik Rumah Sakit Bhayangakara Polri Kramat Jati.

"Sudah dilakukan pemeriksaan semua. Termasuk saksi yang pertama mengetahui, operator CCTV. Kesimpulan kita pada saat itu tidak ditemukan adanya penganiayaan atau unsur kekerasan. Tapi untuk memastikan kita melakukan autopsi untuk mengetahui penyebab kematian," James menandaskan.

Karyawan di Terminal Kargo Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Kota Tangerang, ditemukan tewas dengan kondisi gantung diri, Kamis 24 Januari 2019. Korban diketahui bernama Agus Kosasih yang merupakan pekerja di PT JAS. 

Leher korban sudah tergantung tali berwarna kuning ditemukan di area mesin pendingin Gudang Import PT JAS. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.