Sukses

Meriahnya Festival Sarung Indonesia di Senayan

Festival Sarung Indonesia untuk pertama kalinya digelar di pelataran Plaza Tenggara Senayan.

Liputan6.com, Jakarta - Festival Sarung Indonesia untuk pertama kalinya digelar di pelataran Plaza Tenggara Senayan. Menurut Ketua Umum Panitia Pelaksana Festival Sarung Indonesia, IGK Manila, acara diselenggarakan demi menguatkan salah satu budaya bangsa, yakni Sarung.

"Sarung adalah salah satu budaya kebanggaan kita dan memiliki sejarah panjang bangsa ini. Hampir di berbagai pelosok Indonesia menggunakan sarung untuk berbagai keperluan baik untuk ritual ibadah, upacara adat ataupun busana sehari-hari," kata dia di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (3/3/2019).

IGK Manila bercerita, sesungguhnya Indonesia memiliki motif sarung yang beragam. Namun seiring perkembangannya, usaha mikro kecil menengah atau UMKM yang bergerak di bisnis sarung saat ini dinilai tak begitu baik.

"UMKM ini ternyata tak seindah motif-motif yang ada di dalamnya. Jadi dorongan dan dukungan berbagai pihak untuk memajukan UMKM sarung dalam rangka mendorong perekonomian rakyat," harap dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemeriahan

Seragkaian kegiatan memeriahkan Festival Sarung Indonesia, di antaranya diskusi dan talkshow dengan budayawan, pelaku industri, desainer dan ahli wastra nusantara. Rangkaian fashion show sarung juga akan diselenggarakan, menampilkan karya mahasiswa jurusan fashion dan SMK, juga penampilan khusus dari komunitas difabel.

"Festival ini dimaksudkan untuk mendukung program pemerintah dalam memajukan UMKM di Indonesia serta membangkitkan kebanggaan kita terhadap sarung sebagai salah satu identitas budaya" Manila menandasi.

Festival Sarung 2019 hari ini akan berlangsung hingga pukul 18.00 WIB. Selama sehari penuh, pengunjung bebas masuk tanpa dikenalan biaya untuk menikmati suguhan motif sarung dari pelabagai peolosok bangsa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.