Sukses

Gunung Merapi Semburkan Awan Panas 7 Kali

Gunung Merapi semburkan awan panas sebanyak tujuh kali dengan jarak luncur maksumum 2 kilometer mengarah ke Kali Gendol, Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah terus terjadi. Tercatat tujuh kali awan panas guguran dengan jarak luncur dua kilometer dari puncak Gunung Merapi.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (3/3/2019), luncuran awan panas sempat terekam warga Magelang, Jawa Tengah yang tinggal tujuh kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Luncuran awan panas terjadi pada pukul 04.51 WIB hingga pukul 06.40 WIB dengan jarak luncur maksimum dua kilometer mengarah ke Kali Gendol, Yogyakarta.

Awan panas tersebut merupakan luncuran terpanjang semenjak aktivitas vulkanik dalam beberapa pekan terakhir. Meski demikian, status Gunung Merapi masih ditetapkan waspada level dua atau waspada. 

Penutupan aktivitas warga maupun wisatawan pada radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi masih hingga batas waktu yang belum ditentukan. (Karlina Sintia Dewi)