Sukses

Gempa Hari Ini Mengguncang 4 Wilayah Indonesia

Gempa terbesar yang terjadi hari ini ada di Pasaman, Sumatera Barat dengan magnitudo 5,6.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kembali digoyang gempa hari ini. Gempa mengguncang beberapa wilayah dalam kurun waktu pukul 01.55 hingga 14.22 WIB dengan kekuatan magnitudo dan waktu yang berbeda-beda.

Melalui laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ada empat wilayah di Nusantara yang dilanda gempa hari ini.

Lindu pertama hari ini terjadi di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat pada pukul 01.55 WIB.

Gempa tersebut bermagnitudo 4,8. Kemudian, gempa terbesar yang terjadi hari ini ada di Pasaman, Sumatera Barat dengan magnitudo 5,6. Lindu menggoyang pada pukul 06.27 WIB.

Selain itu, gempa juga mengguncang wilayah Pandeglang, Banten dan Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Berikut gempa hari ini yang terjadi di Indonesia dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pasaman

Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat menjadi gempa pertama yang terjadi pada hari ini pada pukul 01.55 WIB. Gempa tersebut bermagnitudo 4,8 dengan kedalaman 11 kilometer.

Lokasi gempa berada pada 1.59 Lintang Selatan-101.27 Bujur Timur. Pusat gempa berada di darat 19 kilometer barat daya Kabupaten Solok Selatan.

 

3 dari 5 halaman

2. Pasaman

Gempa kedua hari ini yang juga dengan kekuatan magnitudo terbesar terjadi di Pasaman, Sumatera Barat. Gempa yang terjadi pada pukul 06.27 WIB itu bermagnitudo 5,6 dengan kedalaman 10 kilometer.

Pusat gempa berada di darat 38 kilometer timur laut Pasaman. Lokasi gempa berada pada 1.4 Lintang Selatan-101.55 Bujur Timur.

 

4 dari 5 halaman

3. Pandeglang

Gempa juga terjadi di wilayah Pandeglang, Banten pada pukul 07.54 WIB. Pusat gempa berada di laut 95 kilometer barat daya Pandeglang dengan kedalaman 11 kilometer.

Gempa tersebut bermagnitudo 4. Lokasi gempa berada pada 7.35 Lintang Selatan-105.33 Bujur Timur.

 

5 dari 5 halaman

4. Dompu

Wilayah Dompu, Nusa Tenggara Barat juga turut digoyang lindu hari ini. Gempa bermagnitudo 4,8 itu terjadi pada pukul 14.12 WIB dengan kedalaman 33 kilometer.

Pusat gempa berada di laut 72 km barat laut Dompu. Lokasi gempa berada pada 8.05 Lintang Selatan-117.91 Bujur Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG