Sukses

Peringati Hari Peduli Sampah, Komunitas Depok Bersih-Bersih Kali Ciliwung

Liputan6.com, Depok - Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2019, Komunitas Ciliwung Depok, menyelenggarakan kegiatan bersih-bersih Kali Ciliwung, pada Minggu pagi.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (24/2/2019), kegiatan bersih-bersih dimulai dengan pemungutan sampah anorganik.

Para penggiat lingkungan terlihat antusias menyusuri Kali Ciliwung dengan menggunakan perahu karet dan alat keamaan lengkap. Sampah anorganik yang dikumpulkan nantinya diolah menjadi ecobrick.

“Saya berharap makin banyak kegiatan memungut sampah terutama di Sungai Ciliwung,” kata Pembina Komunitas Ciliwung Depok Des Taufik.  

Selanjutnya, acara diikuti dengan sosialisasi pembuatan ecobrick. Ecobrick adalah metode yang cukup efektif digunakan negara maju untuk mengurangi sampah plastik. Cara membuatnya sampah plastik dipadatkan dalam botol plastik. Nantinya, ecobrick bisa disusun dan digunakan sebagai bangku dan meja. Kegiatan ini pun  mendapat apresiasi dari pemerintah.  

“Jadi ini inisiatif dari masyarakat. Kami berharap pengelolaan sampah pada 2025 akan terkelola dengan baik,” kata Direktur Pengelolaan Limbah Sinta Saptarina.  (Karlina Sintia Dewi)