Sukses

Anggota Kelompok Kriminal Bersenjata Papua Ditangkap di Mulia

Liputan6.com, Jayapura - Anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua, Paku Wanimbo, yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polri telah ditangkap di Mulia. Penangkapan itu berlangsung pada Kamis 21 Februari 2019 petang.

Kapolres Puncak Jaya AKBP Ary Purwanto mengatakan anggota kelompok kriminal bersenjata itu sempat melakukan perlawanan sehingga polisi menembaknya.

"Memang benar, Paku Wanimbo sebelum ditangkap sempat ditembak anggota karena berupaya melarikan diri dan terkena bagian pantatnya," kata Ary Purwanto di Jayapura seperti dilansir dari Antara, Jumat (22/2/2019).

Dia mengatakan, penangkapan terhadap anggota kelompok kriminal bersenjata tersebut dilakukan saat yang bersangkutan berada di sekitar Bandara Mulia, Puncak Jaya, Papua.

Paku Wanimbo sudah masuk dalam daftar buron polisi sejak 2016 lalu. 

 

2 dari 3 halaman

Pengakuan Paku Wanimbo

Anggota kelompok kriminal bersenjata itu masih dirawat di RSUD Mulia. Meski demikian, polisi telah meminta keterangan sementara kepada yang bersangkuta.

Wanimbo mengakui terlibat dalam sejumlah kasus penyerangan dan penembakan terhadap warga sipil.

"Wanimbo mengaku terlibat dalam penyerangan pos Kulirik tahun 2014 dan penembakan guru tahun 2016 di Karubate, Kabupaten Puncak Jaya, namun kami masih terus mendalaminya," ujar Ary.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: