Detik-Detik Puting Belung Terjang Jember Terekam Video Amatir

Detik-Detik Puting Belung Terjang Jember Terekam Video Amatir

Angin puting beliung, Sabtu, 16 Februari kemarin, melanda sejumlah wilayah di Jember, Jawa Timur. Peristiwa itu mengakibatkan puluhan rumah rusak, serta sejumlah gudang roboh.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (17/2/2019), dalam rekaman video yang berhasil direkam warga menunjukkan saat angin puting beliung melanda Desa Ajung, Kecamatan Ajung, Jember, Jawa Timur. Angin kencang yang disertai hujan deras langsung merobohkan atap kanopi sebuah kantor hingga membuat warga panik.

Selain bangunan, angin kencang juga menumbangkan sejumlah pohon di sepanjang Jalan Raya MH. Thamrin. Akibatnya, jalur utama penghubung Jember-Banyuwangi sempat mengalami kemacetan.

Arus lalu lintas baru berangsur normal setelah tim BPBD Jember tiba membersihkan material pohon tumbang dengan gergaji mesin.

Sementara di Kelurahan Kranjingan, Kecamatan Sumbersari, angin puting beliung merobohkan sejumlah gudang pengering tembakau yang didalamnya terdapat sedikitnya 20 ton tembakau yang masih dalam proses pengeringan. Akibatnya pemilik gudang diperkirakan mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Selain di Kecamatan Ajung dan Sumbersari, angin puting beliung juga menyebabkan kerusakan di wilayah Kecamatan Mumbulsari dan Kaliwates.

Di pusat Kota Jember, angin puting beliung merobohkan sejumlah baliho raksasa dan pohon, termasuk merusak sebuah pos polisi dan pagar kantor puskesmas. Hingga kini jumlah total kerusakan masih dalam pendataan tim BPBD Jember. (Galuh Garmabrata)

Ringkasan

Oleh Maria Flora pada 17 February 2019, 10:56 WIB

Video Terkait

Spotlights