Sukses

Anies Keluarkan Instruksi Gubernur Antisipasi Peningkatan DBD

Ketika Ingub belum dikeluarkan, Anies mengaku telah menginstruksikan kepada jajarannya dalam mengantisipasi kasus DBD.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) untuk satuan kerja perangkat daerah (SKPD) guna mengantisipasi kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jakarta.

Ingub tersebut akibat adanya peningkatan kasus DBD di awal 2019 bila dibandingkan dengan Januari 2018.

"Ingub itu nanti akan menjadi landasan untuk mereka melakukan pembiayaan-pembiayaan dan lain-lain," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (30/1/2019).

Ketika Ingub belum dikeluarkan, Anies Baswedan mengaku telah menginstruksikan kepada jajarannya dalam antisipasi kasus DBD.

Tak hanya itu, sebelumnya ada lima kecamatan di Jakarta dengan kasus DBD tertinggi. Angka tersebut dilihat berdasarkan incident rate (IR) masing-masing wilayah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jagakarsa Tertinggi

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti menyatakan, kecamatan yang paling tinggi IR kasus DBD ada di Kecamatan Jagakarsa dengan IR 19,27 per 100.000 penduduk.

Di bawah Kecamatan Jagakarsa, IR DBD tertinggi meliputi Kalideres sebesar 16,94 per 100.000 penduduk, Kebayoran Baru 16,54 per 100.000 penduduk, Pasar Rebo 13,93 per 100.000 penduduk, dan Cipayung 13,57 per 100.000 penduduk.

"Kami menggunakan perhitungan IR, bukan jumlah total kasus DBD. Tujuannya supaya parameter pengukurannya sama, yaitu dibandingkan dengan 100.000 penduduk," ucap Widyastuti, Selasa 29 Januari 2019.

Tingginya kasus DBD di Kecamatan Jagakarsa, salah satunya karena intensitas hujan dan kelembapan yang tinggi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Demam berdarah dengue atau disingkat DBD, atau disebut juga demam dengue/demam berdarah, adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue.

    DBD