Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

Daftar Lengkap Visi Misi Prabowo - Sandiaga Uno, Sebelum dan Setelah Diubah

Liputan6.com, Jakarta Semakin dekatnya jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) pada April 2019, masing-masing pasangan calon Presiden baik dari nomor urut 1 Joko Widodo - Ma’aruf Amin (Jokowi – Ma’ruf)  dan nomor urut 2 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno (Prabowo - Sandi) terus melakukan kampanye dan pendekatan kepada rakyat. Mereka membuat visi dan misi mereka masing-masing. 

Namun beberapa waktu lalu tepatnya tanggal 9 Januari 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempublikasikan adanya perubahan dalam visi-misi milik calon Presiden nomor urut 2 Prabowo - Sandiaga Uno. Visi-misi awal yang diterima oleh KPU yang setebal 14 halaman, kini tebalnya menjadi 45 halaman.

Perubahan dilakukan dengan mengurangi beberapa kata pada bagian visi-misi. Pada bagian misi terdapat lima poin yang tetap ada, hanya beberapa kalimatnya dipersingkat dan dipangkas.

Dokumen baru, Visi  Misi Prabowo-Sandiaga Uno berbunyi :

2 dari 5 halaman

Visi Pasangan Prabowo Sandi yang Baru

“Terwujudnya Bangsa dan Negara Republik Indonesia yang adil, makmur, religius, dan bermartabat dalam bingkai persatuan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.”

3 dari 5 halaman

Misi Pasangan Prabowo Sandi yang Baru

1. Membangun perekonimian nasional yang adil, makmur, berwawasan lingkungan melalui jalan politik-ekonomi sesuai amanat konstitusi.

2. Membangun masyarakat Indonesia yang sehat, cerdas, produktif dan unggul dalam kehidupan yang aman dan terlindungi jaminan sosial.

3. Membangun keadilan dan HAM, memberantas korupsi, serta memperkuat persatuan bangsa melalui penegakkan hukum dan jalan demokrasi yang berkualitas.

4. Membangun sistem keselamatan, keamanan, dan pertahanan nasional, untuk menjaga keutuhan NKRI dan melindungi segenap warga Indonesia, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

5. Membangun kembali dan memperkuat nilai-nilai luhur kepribadian bangsa yang beradab, religius dan dirahmati Tuhan Yang Maha Esa.

4 dari 5 halaman

Visi Misi Prabowo Sandi Versi yang Lama

Visi

“Terwujudnya Bangsa dan Negara Indonesia yang adil, Republik makmur, bermartabat, relijius, berdaulat, berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi, dan berkepribadian nasional yang kuat di bidang budaya serta menjamin kehidupan yang rukun antarwarga negara tanpa memandang suku, agama, ras, latar belakang etnis dan sosial berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.”

Misi

1. Membangun perekonomian nasional yang adil, makmur, berkualitas dan berwawasan lingkungan dengan mengutamakan kepentingan rakyat Indonesia melalui jalan politik-ekonomi sesuai pasal 33 dan 34 UUD 1945.

2. Membangun masyarakat Indonesia yang sehat, berkualitas, produktif, dan berdaya saing dalam kehidupan yang aman dan bermartabat serta terlindungi oleh jaminan sosial yang berkeadilan tanpa diskriminasi.

3. Membangun keadilan di bidang hukum yang tidak tebang pilih dan transparan, serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia melalui jalan demokrasi.

4. Membangun kembali nilai-nilai luhur kepribadian bangsa untuk mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, bermartabat, dan bersahabat yang diberkati oleh Tuhan yang Maha Esa.

5. Membangun sistem pertahanan dan keamanan nasional secara mandiri yang mampu menjaga keutuhan dan integritas wilayah Indonesia.

5 dari 5 halaman

Tagline Baru: 'Indonesia Menang'

Selain mengubah Visi-Misi, Prabowo-Sandiaga Uno juga mengubah tagline. Prabowo-Sandiaga Uno yang semula ber-tagline 'Adil Makmur Bersama Prabowo-Sandi' direvisi menjadi 'Indonesia Menang'. Perubahan juga tampak terlihat dibagian program kerja nasional.

Sebelumnya pada dokumen lama terdapat ‘4 Pilar Menyejahterakan Rakyat’. Keempat pilar itu, yaitu ekonomi, budaya dan lingkungan, kesejahteraan rakyat, dan politik, hukum, dan hankam. Empat pilar Prabowo-Sandi terdiri dari 8 pilar ekonomi (36 program aksi), 9 pilar kesejahteraan rakyat (29 program aksi), 10 pilar budaya dan lingkungan hidup (18 program aksi), serta 7 pilar politik, hukum, dan hankam (26 program aksi). 

Pada dokumen baru yang telah direvisi berubah menjadi ‘Fokus Program kerja nasional’ yang terdapat 5 poin, yakni

Fokus Pertama: Ekonomi yang mengutamakan rakyat, adil, makmur, berkualitas, dan berwawasan lingkungan

Fokus Kedua: Peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan sosial

Fokus Ketiga: Keadilan di bidang hukum dan demokrasi berkualitas

Fokus Keempat: Menjadikan negara Indonesia rumah yang aman, nyaman, dan berdaulat bagi seluruh rakyat Indonesia

Fokus Kelima: Penguatan karakter dan kepribadian yang luhur.

 

Reporter: Loudia Mahartika

Loading