Sukses

Jokowi Hibur Anak-Anak Penyintas Bencana Tsunami Selat Sunda

Liputan6.com, Lampung - Sorak-sorak ramai menyambut Presiden Jokowi di tempat pengungsian para penyintas bencana tsunami Selat Sunda, Tenis Indoor Kalianda, Lampung Selatan.

Wajah anak-anak terlihat bahagia ketika mantan Gubernur DKI Jakarta hadir memasuki tenda trauma healing sambil menyerukan nyanyian selamat datang.

Mengenakan kemeja putih dipadu celana jeans, Jokowi menyapa anak-anak di sana. Walaupun cuaca terik tidak mengurungkan mereka bisa bercengkerama dengan Jokowi.

"Masih belajar semua?" tanya Jokowi kepada anak-anak penyintas bencana tsunami di Tenis Indoor Kalianda, Lampung Selatan, Rabu (2/1/2019).

Mereka pun langsung sigap menjawab tetap belajar walaupun dengan keadaan yang serba terbatas. Tidak mau menampakan wajah sedih, Jokowi langsung menghibur dengan memberikan kuis dan hadiah buku tulis jika bisa menjawab.

"Belajar apa? Matematika? Siapa yang bisa matematika, tunjuk jari?" tanya Jokowi sambil tersenyum kepada mereka.

Dengan sigap mereka langsung mengacungkan tangan. Beberapa anak pun ada yang terlihat berdiri dan bersemangat untuk menjawab pertanyaan dari Jokowi.

"Saya pak, saya," seru mereka.

Mulai dari nama-nama ikan, pulau, buah-buahan hingga sayur mayur dilontarkan Jokowi kepada mereka. Satu per satu mereka bersemangat untuk menjawab.

"Siapa yang tahu nama saya? tunjuk jari," tanya Jokowi.

"Bapak Presiden Joko Widodo," jawab salah satu anak kepada Jokowi.

2 dari 2 halaman

Giat Belajar

Arief salah satu anak penyintas bencana tsunami gembira, karena bisa menjawab pertanyaan dari Jokowi. Dia berhasil mendapatkan buku tulis berwarna merah lantaran bisa menyebutkan tiga nama Pulau yang ada di Indonesia.

"Dapat lima buku dari Pak Jokowi," ucap Arief dengan tersenyum lebar.

Sering kali, jawaban yang dilontarkan mereka membuat Jokowi tersenyum bahagia. Sebab tidak jarang dari mereka menjawab dengan lantang tapi salah.

"Sebutkan nama-nama sayuran," tanya Jokowi kembali.

"Sayur asem, sayur lodeh, sayur kangkung," jawab salah satu bocah.

"Bukan-bukan sayur asem, bukan itu," kata Jokowi sambil tersenyum.

Kemudian, Jokowi pun mengingat kepada mereka agar tetap giat belajar. Walaupun dengan keadaan terbatas.

"Tetap belajar yaaa," pinta Jokowi kepada mereka.

"Iyaaa pak," seru mereka.

Usai menghibur dan memberikan buku tulis, Jokowi langsung menyapa korban yang lain. Sekitar 10 menit didampingi Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo, Menteri Kesehatan Nila F Moeleok, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Jokowi sempat berbincang dengan beberapa warga. Tidak jarang dari mereka juga ingin bersalaman dan mencurahkan harapan kepadanya.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jokowi: Selamat Tahun Baru Imlek Semoga Semakin Sejahtera
Artikel Selanjutnya
4 Rayuan Jokowi Agar Warga Tertarik Pindah ke Ibu Kota Baru