Sukses

Hadiri Natal Nasional 2018, Jokowi Kenakan Baju Adat Batak

Liputan6.com, Medan - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri perayaan Natal Nasional 2018 di Gedung Serbaguna Pemprov Sumut, Jalan Wiliam Iskandar, Kota Medan, Sumatera Utara. Jokowi tiba pukul 19.15 WIB, Sabtu (29/12/2018), mengenakan baju adat Batak lengkap dengan topi lancip.

Presiden didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Ada juga Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia yang menjadi Ketua Umum Panitia Natal Nasional 2018, Yasonna Laoly dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Saat Presiden tiba di lokasi acara, umat Nasrani berteriak histeris. Mereka meneriakkan nama Jokowi sambil meminta berswafoto. Sesekali Jokowi melayani foto bersama sambil bersalaman.

"Jokowi, Jokowi, Jokowi," teriak mereka kompak.

Tema Natal kali ini adalah Hidup dalam Hikmat, Nyata dalam Damai dan Menjadi Energi Kesatuan Bangsa. Informasi yang diperoleh dari Panitia Natal Nasional 2018, total umat Nasrani yang mengikuti acara ini sekitar 5.000 orang.

Ketua Umum Panitia Natal Nasional 2018 Yasonna Laoly mengawali sambutan dengan mengajak seluruh tamu dan umat Nasrani untuk mengirimkan doa kepada korban bencana alam di Tanah Air. Baik korban bencana gempa di NTB, tsunami Palu dan Donggala, maupun tsunami Banten dan Lampung Selatan.

"Semoga keluarga diberi ketabahan. Kami mohon tundukkan kepala sejenak, berdoa mulai," ujar Yasonna.

2 dari 3 halaman

Kunjungi Ponpes Babussalam

Sebelum menghadiri perayaan Natal Nasional, Jokowi menyambangi Pondok Pesantren Babussalam di Tanjung Pura, Langkat, Sumatera Utara. Saat tiba di lokasi, Jokowi disambut pengasuh Syekh Haji Hasyim Al-Syarwani Tuan Guru Babussalam.

Jokowi mengaku kedatangannya ke Ponpes Babussalam sebagai kunjungan balasan. Sebab, beberapa waktu lalu pimpinan dan pengasuh Ponpes Babussalam sempat bersilaturahmi ke Solo.

"Saya bersilaturahim dengan Tuan Guru Bersilam di Babussalam ini di Langkat dalam rangka membalas kunjungan. Karena Beliau dulu saat saya masih di Solo, Beliau datang, beliau rawuh (datang) di Solo," tutur Jokowi di Ponpres Babussalam, Tanjung Pura, Langkat, Sabtu (29/12/2018).

Jokowi merasa, kunjungan Tuan Guru Bersilam sebagai sebuah kehormatan yang diberikan ulama itu kepadanya. Karena itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini merasa perlu melakukan kunjungan balasan.

"Saya membalas kedatangan Beliau yang jauh dari Babussalam ke Solo," ucap dia.

Reporter: Titin Supriatin

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Dewan Pengawas KPK, Saut Situmorang: Satu Kata, Integritas Saja
Artikel Selanjutnya
Mahfud Md Dukung Hukuman Mati Bagi Koruptor