Sukses

Korban Tsunami Masih Dirawat di RSUD Bob Bazar Lampung Selatan

Fokus, Lampung Selatan - Hingga Rabu 26 Desember 2018 siang, jumlah korban tewas akibat bencana tsunami Selat Sunda menjadi 430 orang.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (27/12/2018), ratusan warga korban tsunami kini berdiam di posko pengungsian tsunami di Kalianda, Lampung Selatan. Warga belum bisa kembali ke rumah, selain karena banyak yang rumahnya hancur juga akibat masih dihinggapi trauma pasca tsunami menerjang.

"Imbauan ini bantuan dari kecamatan dan kabupaten belum ada sama sekali," kata Kepala Desa Pesisir Canti Jahidin.

Hingga Rabu, sebanyak 259 korban luka masih dirawat di RSUD Bob Bazar Kalianda, Lampung Selatan. Sedangkan korban meninggal dunia tercatat 120 orang dengan 7 di antaranya belum bisa diidentifikasi, masih menunggu tes DNA.

Di Rumah Sakit Berkah, Pandeglang, sebanyak 238 jenazah korban tsunami telah diidentifikasi. Namun, 21 jenazah lainnya yang sebagian besar anak-anak belum bisa diidentifikasi. Banyaknya sidik jari jenazah yang rusak menjadi penyebab.

"Korban yang ditemukan belakangan itu rata-rata sidik jarinya rusak, walaupun rusak kita coba mengambil ciri-ciri yang bisa diingat oleh para keluarga lewat komputer" ujar Kapolda Banten Brigjen Pol Tomsi Tohir.

Sementara, kendala yang dihadapi tim gabungan dalam proses evakuasi ada pada gelombang air laut yang masih tinggi, akses jalan yang sempit, dan jalan rusak. (Muhammad Gustirha Yunas)