Sukses

Kemenhub Pastikan Kesiapan Tol Trans Jawa Hadapi Libur Panjang Natal dan Tahun Baru

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan memastikan kesiapan Trans Jawa menghadapi libur panjang natal dan tahun baru 2019. Trans Jawa dipastikan sudah bisa digunakan dari Jakarta hingga Surabaya dengan batas kecepatan maksimal 100 kilometer per jam.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (22/12/2018), kepastian ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kakorlantas Irjen Pol Refdy Adrian usai meninjau kesiapan Jasa Marga dalam mengantisipasi kemacetan pada libur panjang natal dan tahun baru.

Dari sekitar 1.000 kilometer Trans Jawa, para pengendara diminta lebih berhati-hati saat melintas di Tol Semarang-Solo karena kondisi jalan yang menanjak.

Polisi memperkirakan bahwa puncak arus mudik natal akan terjadi hari ini dengan peningkatan volume kendaraan mencapai 30 persen dari hari normal. Sejumlah proyek juga akan dihentikan untuk memperlancar arus lalu lintas.

"Sudah ada alat-alat untuk mengkontrol, jadi kalau lebih dari 100 kilo per jam akan tertangkap kamera dan diberikan sanksi tilang," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Sejumlah pengerjaan proyek akan dihentikan menjelang libur natal dan tahun baru," jelas Kakorlantas Mabes Polri Irjen Pol Refdy Adrian. (Muhammad Gustirha Yunas)