Sukses

BMKG Tepis Hoaks Badai Cempaka Datang Kembali

Ada informasi, badai Tropis Cempaka akan datang dalam waktu tiga sampai empat hari ke wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY Nyoman Sukanta membantah keras isi sebuah pesan berantai yang beredar di media sosial.

Pada pesan itu disebutkan badai Tropis Cempaka akan datang dalam waktu tiga sampai empat hari ke wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Informasi hoaks yang beredar itu sempat meresahkan sebagian masyarakat mengingat dampak badai Cempaka pada tahun lalu yang dahsyat. Ketika itu, wilayah DIY dikepung banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang dalam semalam," ungkap Nyoman, Sabtu (15/12/2018).

Menurut dia, tidak ada badai yang namanya sama akan datang kembali.

"Kalau misalnya akan datang badai, pasti namanya berbeda," lanjut dia.

Sementara itu, kondisi cuaca dari hasil pengamatan BMKG hari ini maupun besok, belum ada indikasi munculnya cuaca ekstrem.

Secara umum, BMKG memprakirakan Yogyakarta siang ini akan hujan ringan, sedangkan malam hari berawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan BMKG

Namun, Kepala BMKG DIY mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada akan adanya potensi hujan sedang sampai lebat dan angin kencang pada siang sampai sore hari di wilayah Sleman utara dan Kulon Progo Utara.

Begitu pula akan adanya potensi gelombang setinggi 2,5-3 meter di wilayah pesisir selatan DIY. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.
    Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.

    Yogyakarta

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • Badai Tropis Cempaka