Sukses

Hubungan Gelap Wawan yang Terungkap di Persidangan

Wawan memberi suap pada Kalapas Sukamiskin agar bisa berkencan dengan seorang artis wanita di hotel Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 16 Juli 2018, Tubagus Chaeri Wardhana, terpidana pemberian suap mantan Hakim Konstitusi Akil Mochtar terkait sengketa Pilkada Lebak Banten, keluar dari Lapas Sukamiskin.

Dia memberi uang Kepala Lapas Sukamiskin Bandung, Wahid Husein sebanyak Rp 63 juta untuk membuat skenario jika dirinya dilarikan ke rumah sakit Rosela, Karawang dengan menggunakan ambulans. Meski Wawan ataupun Wahid mengetahui izin tersebut tidak untuk berobat.

Setibanya di rumah sakit, Wawan berpindah mobil menuju rumah sang kakak, Ratu Atut Choisiyah.

Setelah menemui sang kakak, Wawan melanjutkan perjalanan menuju Hotel Mercure Bandung. Di sana, dia menginap dengan seorang wanita tapi bukan istrinya Airin Rachmi Diany.

Perbuatan Wawan ini terungkap saat jaksa KPK Takdir Suhan membacakan surat dakwaan milik Wahid Husein. Belakangan diketahui teman wanita suami Wali Kota Tangerang Selatan ini adalah artis muda.

"Iya (menginap dengan artis). Pokoknya sesuai dengan surat dakwaan," ujar Jaksa KPK M Takdir Suhan saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Hanya saja, Takdir tak mau membeberkan identitas artis yang menginap dengan Wawan tersebut. Menurut dia, dalam dakwaan Wahid Husein pun tak dicantumkan siapa nama artis yang bersama Tubagus Chaeri Wardana tersebut.

"Enggak disebut (di dakwaan), soalnya enggak kaitan dengan Wahid. Hanya (nama artis) diperhalus (menjadi) teman wanita Wawan," kata dia.

Tak hanya sekali, pada 5 Juli 2018 Wawan keluar Lapas dengan alasan mengunjungi ibunya yang sedang sakit. Namun Wawan saat itu menginap di Hotel Hilton Bandung selama 2 hari.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kesetiaan Airin

Sudah hampir empat tahun lamanya Airin Rachmi Diany tinggal berpisah dengan suaminya Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan. Wawan harus mendekam di balik jeruji besi karena terjerat sejumlah kasus korupsi yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Meski kondisi mengharuskan mereka berpisah tempat tinggal, wanita berparas ayu itu menyempatkan membesuk ke penjara di tengah kesibukannya sebagai Wali Kota Tangerang Selatan. Dua anaknya juga diajak.

"Setiap minggu Bu Airin dan anak-anak ada besuk," kata kuasa hukum Wawan, Tubagus Sukatma, saat berbincang dengan merdeka.com, Kamis (6/12).

Airin pun enggan menanggapi soal perselingkuhan suaminya dengan artis wanita. Saat turun dari lantai dua ruang kerjanya di Pemkot Tangsel, wanita berhijab itu langsung masuk ke mobil Kijang Innova yang sudah menunggunya sambil melambaikan tangan ke awak media.

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, menjelaskan hari ini Airin bekerja seperti biasa.

"Biasa, enggak ada yang berubah dari sikap Wali Kota Tangsel. Dia tetap bisa fokus menjalankan tugas-tugas pemerintahan," terang Benyamin saat ditanya apakah ada perubahan sikap Airin terkait kelakuan suaminya.

Benyamin menjelaskan Airin meninggalkan awak media karena banyak agenda menunggu.

"Agenda dinas sedang padat, semalam juga rapat sampai pukul 02.00 membahas mutasi lurah. Kalau bahas APBD bisa sampai jam 04.00. Saya no comment-lah, kalau kegiatan pribadi ibu. Tapi kalau kegiatan pemerintah yang pasti tetap jalan," tegas Benyamin.

Sementara itu, ayah kandung Airin, Anwar Martadiharja yang akrab disapa Abah, juga terlihat mendatangi kantor Airin. Ketika dimintai keterangan, Abah juga menjawab ringkas.

"Iya, enggak papa, enggak papa. Berita yang mana, nih? Saya tidak mengomentarinya, nanti saja sama Beliau," kata Abah Anwar.

3 dari 4 halaman

KPK Akan Bongkar Perilaku Wawan

KPK akan membongkar perilaku Wawan di Lapas Sukamiskin. Selain menyuap kalapas, Wawan juga menginap di hotel dengan seorang teman wanita.

"Tentu nanti akan dibuktikan satu per satu secara bertahap di Pengadilan," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi Liputan6.com, Kamis (6/12/2018).

Wawan melalui kuasa hukumnya Tubagus Sukatma sempat membantah hal tersebut. Wawan tak terima disebut menyuap Wahid Husein seperti yang tertuang dalam dakwaan jaksa KPK terhadap Wahid Husein.

Bantahan Wawan akan dipatahkan di Pengadilan oleh Jaksa KPK M Takdir Suhan. Takdir mengaku memiliki rekaman CCTV saat Wawan berada di hotel.

"Ada CCTV pas check in (masuk ke hotel). Nanti bakal diungkap di persidangan," ujar Takdir saat dikonfirmasi, Kamis (6/12/2018).

4 dari 4 halaman

Menunggu Penjelasan Wawan

Pengacara Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan, Tubagus Sukatma, membantah kliennya menyalahgunakan izin berobat keluar dari Lapas Sukamiskin dan justru bermalam hotel bersama seorang perempuan yang bukan istrinya.

"Klien sudah membantah menginap dengan wanita lain, nanti ada saatnya klien saya akan jelaskan di pengadilan,” kata Sukatma saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (6/12/2018).

Sukatma juga membantah bahwa kliennya menyuap eks Kalapas Sukamiskin, Wahid Husen, untuk mendapatkan izin keluar Lapas.

"Ketika pemeriksaan, klien saya sudah membantah pernah memberikan uang atau fasilitas kepada Kalapas," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.