Sukses

Kunjungan Kerja di Bogor, Jokowi Bersepeda

 

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersepeda menuju tempat kunjungan kerjanya di Bogor. Mantan gubernur DKI Jakarta itu pun memilih bersepeda untuk hadir menyaksikan pemasangan instalasi listrik PLN di Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Jokowi menempuh perjalanan sekitar 1,5 km ditemani oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, sejumlah dirut BUMN, beberapa milenial BUMN, dan Paspampres. Demikian dilansir Antara, Minggu (2/12/2018).

Sepanjang perjalanan, Jokowi menyapa warga yang telah menanti di pinggir jalan. Banyak dari warga berusaha untuk mendekat dan mengabadikan momen tersebut dengan kamera ponsel mereka.

Presiden Jokowi pada kesempatan itu mengenakan jaket berwarna hitam dipadu dengan celana jeans dan helm warna hijau pupus.

2 dari 3 halaman

1,2 Juta Rumah Belum Teraliri Listrik

Presiden Jokowi menyatakan secara nasional masih ada lebih dari 1 juta rumah yang belum teraliri listrik.

Adapun lebih dari 1 juta tersebut sekitar 200 ribu berada di Provinsi Jawa Barat. "Hitungan kita 1,2 juta di seluruh provinsi. Ini akan terus kita sisir satu per satu," kata Jokowi di Bogor, Minggu (2/12/2018). 

Dikatakan Jokowi, saat ini ada dua kasus mengenai listrik ini. Pertama, masih ada rumah yang benar-benar belum teraliri listrik. Kedua, sudah ada rumah yang teraliri listrik namun belum secara mandiri.

Dua hal ini yang menjadi fokus di sisa masa jabatan Presiden Jokowi. Tak mau mengandalkan APBN, Jokowi mempercepat elektrifikasi ini dengan menggandeng BUMN.

Seperti yang dilakukan di Bogor, Jawa Barat pagi ini. Presiden Jokowi bersama sejumlah BUMN melakukan penyambungan listrik gratis kepada sejumlah warga.

"Karena memang biaya sambungan ini memang tidak murah. Dan itu memang sudah menjadi standarnya PLN kurang lebih Rp900-an ribu. Dan sambungan ini semuanya dilakukan oleh sinergi BUMN-BUMN yang ada," tegas Jokowi.

Untuk Jawa Barat, bersama BUMN, Jokowi mentargetkan mampu mengaliri listrik secara gratis sekitar 100 ribu rumah.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi

Keluarga Tagih Janji Baasyir Bebas Tanpa Syarat

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Soal Target Listrik 35 Ribu MW, Jokowi Tak Mau Bebani PLN
Artikel Selanjutnya
Jokowi: Masih Ada 1,2 Juta Rumah di RI Belum Teraliri Listrik