Sukses

Polri Ancam Tindak Tegas Pengibar Bendera OPM dan GAM

Kepolisian akan melakukan sejumlah pengamanan dan patroli di sejumlah wilayah jelang HUT OPM dan GAM.

Liputan6.com, Jakarta - Polri telah mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) jelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) dua kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) pada 4 Desember. Salah satunya dengan meningkatkan keamanan di dua daerah tersebut.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, pihaknya melarang para simpatisan kelompok tersebut melakukan upacara dengan mengibarkan bendera selain Merah Putih.

OPM sendiri identik dengan simbol atau bendera bintang kejora. Sementara eks Kombatan GAM khas dengan bendera bulan bintang.

Polri memastikan akan menindak masyarakat yang mengibarkan dua bendera organisasi tersebut.

"Apabila melakukan pelanggaran hukum, pasti ditindak sesuai hukum yang berlaku," ujar Dedi saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Kepolisian akan melakukan sejumlah pengamanan dan patroli di sejumlah wilayah jelang HUT OPM dan GAM. Polri juga akan meningkatkan jumlah personel keamanan di Papua dan Aceh.

"Secara umum Polri memantau dan mengantisipasi potensi-potensi gangguan Kamtibmas," tutur Dedi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tindak Tegas

Selain itu, Dedi menekankan, Polri tidak segan menindak tegas pihak-pihak tak bertanggung jawab yang mencoba menunggangi momentum tersebut untuk memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

"Mengimbau untuk masyarakat tetap menjaga kondusivitas Kamtibmas dan tidak terprovokasi oleh isu-isu yang beredar," Dedi menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • opm
    <p style="text-align: justify;"><span style="font-size:14px"><span style="font-family:arial,helvetica,sans-serif">OPM mengandung Omeprazole.&nbsp;OPM merupakan obat yang digunakan untuk mengobati masalah perut tertentu dan masalah kerongkongan.&nbsp

    OPM

  • Organisasi Papua Merdeka atau OPM

  • GAM