Sukses

Bagian Black Box Lion Air Ditemukan 500 Meter dari Titik Hilang Kontak

Liputan6.com, Jakarta - Bagian kotak hitam atau black box pesawat Lion Air yang jatuh di Tanjung Karawang telah ditemukan. Kotak berwarna oranye itu ditemukan penyelam TNI AL tak juah dari titik hilang kontak pesawat rute Jakarta-Pangkalpinang.

"Ditemukan 500 ratus meter dari titik koordinat (Lion Air) yang hilang kontak," ujar Kepala Basarnas Marsekal Madya M Syaugi di atas Kapal Baruna Jaya, Kamis (1/11/2018).

Dari dua black box pesawat Lion Air, yang telah ditemukan baru satu bagian.

"Black box ada dua, FDR (flight data recorder) sama CVR (cockpit voice recorder), satu merekam pembicaraan, satu merekam perjalanan dari pesawat. Satu sudah ditemukan sehingga diharapkan satu lagi ditemukan," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

 

 

 

 

2 dari 3 halaman

Rahasia

Ia menegaskan, info yang ada dalam kotak berwarna oranye itu bersifat rahasia. "Perlu diketahui, info yang ada dalam black box itu confidential," kata Budi.

Setelah melakukan pencarian selama empat hari, Tim SAR akhirnya menemukan bagian black box atau kotak hitam Lion Air yang jatuh di perairan Tanjung Karawang. 

Kotak Hitam itu ditemukan oleh penyelam dari TNI AL Sertu Hendra. Kotak berwarna oranye itu ditemukan tidak di dalam badan pesawat Lion Air.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading