Sukses

Ini Rute yang Ditempuh Lion Air JT 610 Sebelum Jatuh ke Laut

Pesawat Lion Air JT 610 yang bertolak dari Jakarta menuju Pangkalpinang, Senin 29 Oktober 2018 tak pernah sampai ke tujuan.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat Lion Air JT 610 yang bertolak dari Jakarta menuju Pangkalpinang, Senin 29 Oktober 2018 tak pernah sampai ke tujuan.

Kapal terbang itu mengalami hilang kontak pada pukul 06.50 WIB dan dipastikan jatuh ke Tanjung Karawang. Menurut Kepala Pusat Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Muda TNI M Syaugi, pesawat jatuh di laut yang kedalamannya 30-35 meter.

"Kami masih berusaha menyelam untuk menemukan pesawat," kata dia dalam konferensi pers, Senin (29/10/2018).

Basarnas telah mengerahkan armada kapal dan helikopter untuk melakukan evakuasi. Sejumlah kapal yang berada di sekitar titik kejadian juga telah dimintai bantuan. 

"Begitu sampai di lokasi ada puing pesawat, pelampung, dan handphone," tambah dia. Petugas evakuasi juga menemukan bagian tubuh manusia.

Penerbangan JT610 hilang kontak 13 menit setelah tinggal landas. Seperti dikutip dari situs layanan pelacakan udara Flightradar 24, pesawat nahas itu berjenis Boeing 737 MAX 8, yang dapat mengangkut hingga 200 penumpang. 

Flightradar 24 juga merekam rute terakhir yang ditempuh pesawat Lion Air JT 610. 

Rute terakhir yang ditempuh pesawat Lion Air JT 610 dari Jakarta ke Pangkalpinang (Google/FlightRadar)

Seperti dikutip dari The Guardian, kecelakaan ini adalah yang pertama dilaporkan yang melibatkan Boeing 737 MAX, versi terbaru yang lebih efisien bahan bakar. 

Jet Boeing 737 MAX kali pertama diperkenalkan pada tahun 2017.

 

Saksikan video terkait pesawat Lion Air jatuh berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jatuh Dekat Lapangan Minyak Pertamina

Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 jatuh di area Mike, lapangan minyak lepas pantai blok ONWJ milik Pertamina milik di laut utara Bekasi.

"Kami sudah dapat informasi di area Mike tapi masih jauh dari anjungan kita. Cuma kapal patroli kita menyaksikan Jam 6.33 WIB jatuh di dekat Bekasi," ujar Juru Bicara Pertamina Hulu Energi, Ifki Sukarya saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Senin (29/10/2018).

Pesawat Lion Air rute Jakarta-Pangkal Pinang dilaporkan hilang kontak. Badan SAR Nasional (Basarnas) mendapat informasi pesawat dengan nomor JT 610 itu jatuh di Tanjung Karawang.

"Benar informasinya A1, jatuh di Tanjung Karawang," ujar Humas Basarnas Yusuf, saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Senin (29/10/2018).

Pesawat Lion Air itu dilaporkan hilang kontak usai lepas landas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekitar pukul 06.00 WIB. Pesawat tersebut sedianya akan mendarat di Pangkal Pinang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.