Sukses

Buntut Pengadangan, Truk Sampah Jakarta Beralih Rute

Dapat ancaman pemberhentian paksa oleh Pemkot Bekasi, truk sampah DKI Jakarta harus beralih rute ke Cibubur dan Cileungsi.

Fokus, Bekasi - Sejumlah truk sampah milik DKI Jakarta harus beralih rute karena diancam akan diberhentikan paksa oleh Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat. Truk harus melalui jalan alternatif Cibubur dan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (21/10/2018), para sopir truk sampah mengaku terpaksa mengalihkan rute trayek dari sebelumnya.

Rute ini lebih jauh sehingga menyebabkan biaya lebih tinggi. Biasanya masuk Tol Bekasi Barat ganya Rp 6.000 untuk sekali jalan. Kini para sopir harus membayar dua kali lipat jika melintas di Cibubur.

Selain itu, pembatasan waktu trayek truk sampah milik juga membuat sejumlah truk harus antre untuk masuk ke dalam TPST Bantar Gebang, Bekasi. Pemkot Bekasi terpaksa menghentikan truk pengangkut sampah dari Jakarta, karena selain dianggap menambah beban jalan, Pemprov DKI Jakarta juga disebut belum memberikan dana kompensasi sesuai perjanjian.  

Tudingan tersebut dibantah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia menyatakan Pemprov DKI Jakarta sudah memberikan dana sesuai yang diwajibkan. Saat ini Pemprov DKI Jakarta tengah menjalin komunikasi dan meninjau perjanjian dengan Pemkot Bekasi. (Karlina Sintia Dewi)