Sukses

6 Fakta Hubungan Asmara Steffy Burase-Irwandi Yusuf Versi KPK

Dalam sidang praperadilan itu, KPK mengungkap hubungan asmara antara Irwandi dengan model Fenny Steffy Burase. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus dugaan suap dana Otsus Aceh dan pembangunan Dermaga Sabang. Gubernur Irwandi melalui Hendri dan Syaiful diduga menerima suap Rp 500 juta dari total fee yang dijanjikan sebesar Rp 1,5 miliar.

Uang tersebut diduga akan digunakan untuk membeli medali dan pakaian atlet dalam ajang Aceh International Marathon 2018.

Dugaan itu diperkuat oleh model Fenny Steffy Burase. Steffy yang merupakan tenaga ahli dalam ajang tersebut mengatakan bahwa aliran dana suap tersebut ada, tapi dirinya mengaku tak tahu asal-usul dana tersebut. Steffy juga membenarkan pengeluaran untuk membeli medali senilai Rp 500 juta.

Dalam sidang praperadilan itu, KPK mengungkap hubungan asmara antara Irwandi dengan model Fenny Steffy Burase.

Berikut sejumlah fakta seputar hubungan asmara Steffy dan Irwandi menurut KPK:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Nikah Siri 8 Desember 2017

KPK menyebut Irwandi dan Steffy telah melangsungkan pernikahan pada 8 Desember 2017 di Jakarta. Penikahan itu termasuk nikah siri karena pernikahan itu tidak didaftarkan ke Kantor Urusan Agama (KUA).

Hubungan suami-istri membuat tenaga ahli Aceh Maraton itu secara leluasa meminta uang kepada orang-orang dekat dan anak buah Irwandi.

 

3 dari 6 halaman

2. Terungkap dari BAP Saksi

Hubungan Irwandi-Steffy juga terungkap dari BAP saksi berinisial J pada Rabu (4/7/2018). Dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP), kuasa hukum KPK mengatakan J mengaku menghadiri acara akad nikah Irwandi Yusuf dan Fenny Steffy Burase. 3. Akad nikah di Apartemen

Saksi berinisial J itu juga membocorkan lokasi acara akad nikah Irwandi Yusuf dan Fenny Steffy Burase. Acara itu digelar di salah satu apartemen di daerah Kebon Kacang Jakarta.

"Bahwa Saksi tidak mengetahui siapa pihak penghulu yang menikahkan mereka FENNY STEFFY BURASE. Namun, akad nikah tersebut disaksikan dan dihadiri oleh kerabat dari kedua belah pihak," ujar kuasa hukum KPK mengutip dari BAP saksi J.

 

4 dari 6 halaman

4. Resepsi di Hotel Ascott

Saksi lainnya yang berinisial F mengaku bahwa Steffy mengundang saksi untuk menghadiri pernikahannya di Hotel Ascott, Jakarta pada Jumat (8/12/2017).

"Saksi menjelaskan kehadirannya di Hotel Ascott Jakarta dari undangan Steffy Burase melalui chat whatsapp, yang mengundang saksi untuk hadir Jumat, 8 Desember 2017, ‎untuk menghadiri pernikahan Stefy Burase," kata kuasa hukum KPK saat membacakan jawaban gugatan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (17/10/2018).

"Saksi datang ke lokasi sekitar pukul 11.00 WIB, kemudian memasuki sebuah kamar apartemen yang ada ruang tamunya. Di ruangan tersebut saksi bertemu dengan Steffy Burase yang memakai baju gamis. Di sana saksi menemui sekitar 15 sampai 20 orang laki-laki dan perempuan yang ada di ruangan tersebut. Di antaranya terdapat seorang laki- laki yang memakai jas, dan belakangan diketahui oleh saksi bahwa laki-laki tersebut adalah Irwandi Yusuf," ucap kuasa hukum KPK.

 

5 dari 6 halaman

5. Pesan Poligami dari Steffy Burase

Tim biro hukum KPK menyebut bahwa Steffy pernah mengirim pesan melalui aplikasi WhatsApp kepada istri Irwandi, Daswita Gani.

"Bahwa Termohon sampaikan pula percakapan WhatsApp yang diambil dari telepon genggam Steffy Burase yang dikirimkan kepada istri Irwandi Yusuf, yaitu Daswati A Gani," kata Tim Biro Hukum KPK saat membacakan jawaban gugatan.

Adapun isi pesan tersebut sebagai berikut:

Assalamu'alaikum, selamat pagi bu,

Sebelumnya saya mohon maaf yang sebesar2nya. Saya Cuma ingin konfirmasi apakah Bener Ibu mengijinkan pernikahan saya dengan suami ibu yang saat ini juga adalah suami saya? Saya menikah sejak 8 des dengan pengakuan suami ibu, ibu mengizinkan pernikahan kami. Sekiranya itu tidak Benar dan ibu tidak merestui, saya akan meninggalkan suami ibu secara baik2. Karena menurut saya pernikahan yang tidak mendapat izin istri pertama bukanlah pernikahan walau menurut suami kita, istri tidak punya hak melarang suaminya menikah lagi. Beberapa bulan pernikahan kami terlalu banyak konflik kecil2 yang dampaknya besar ke kerjaan kami berdua. Mohon maaf sebelumnya saya Lancang, tapi ini untuk kebaikan bersama. Saya bukan pengganggu RT orang dan saya menikah dengan suami ibu di depan ke 2 orang tua dan teman2 deket. Tapi sekiranya memeng bener dugaan saya Ibu tidak tau dan tidak merestui, saya Insya Allah sangat menghargai dan mengerti alasan Ibu. Terimakasih Steffy.

 

6 dari 6 halaman

6. Dibantah Irwandi Yusuf

Irwandi mengakui hampir menikah siri dengan Steffy. Tetapi pernikahan itu tidak jadi dilakukan.

"Hampir (menikah siri), tapi enggak jadi," kata Irwandi usai diperiksa di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (17/10/2018).

Gubernur Aceh nonaktif itu juga membantah meminta Steffy mengerjakan sejumlah proyek di Provinsi Aceh.

"Bukan, bukan, lama persiapannya itu. Tidak, dia (Steffy) enggak punya proyek," ucap Irwandi.

 

Reporter: Melissa Ooktavianti

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.