Sukses

Sudirman Said Sayangkan Seminarnya di UGM Batal Tanpa Alasan Jelas

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, sedianya menjadi pembicara dalam seminar di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, pada Jumat 12 Oktober 2018. Namun, pihak kampus mencabut izin seminar bertajuk 'Kepemimpinan Era Milenial' tanpa memberi alasan jelas.

"Sehabis salat Jumat menjelang berangkat ke kampus UGM, diberitahu panitia kalau acara tidak jadi dilaksanakan. Karena pihak Pimpinan Fakultas membatalkan izin peminjaman auditorium. Saya jawab pada panitia, ya sudah tidak apa-apa," kata Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga ini, dalam keterangan persnya, Minggu (14/10/2018).

Meski mengaku tidak mempermasalahkan soal pembatalan, Sudirman Said, menyayangkan sikap pihak kampus yang kabarnya mengancam akan memberhentikan mahasiswa yang menjadi panitia jika seminar tetap digelar.

"Yang saya sedih, kenapa harus pakai ada ancaman drop out segala ke adik-adik kita kader bangsa. Semoga ancaman drop out itu tidak benar. Mereka tidak berbuat kesalahan. Mereka juatru sedang membina diri," ujar Sudirman Said,.

 

2 dari 3 halaman

Potensi Chaos

Sampai saat ini, dirinya mengaku belum mengetahui pasti alasan pihak fakultas mencabut izin seminar. Namun sempat tersiar kabar, bahwa bisa terjadi hal tidak diinginkan bila seminar itu tetap dilangsungkan.

"Saya tidak tahu sebabnya apa. Menurut panitia, mereka diberi tahu ada ancaman chaos. Saya enggak ngerti chaos apa," ujar dia heran.

Sebagai informasi, Sudirman sendiri diketahui akan mengisi materi seminar bertemakan soal kepemimpinan, kebangsaan, menbina idealisme, dan kenegarawanan. Selain dia, rencananya akan hadir pula mantan Menteri Agraria Tata Ruang, Ferry Mursyidan Baldan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Ekonom Senior UGM Bandingkan Kondisi Rupiah Sekarang dengan 1998
Artikel Selanjutnya
Khasiat Jahe Merah untuk Luka Gula Darah