Sukses

Maruarar Sirait Ingatkan Pesan Ayahnya untuk Selalu Bawa Pancasila

Liputan6.com, Jakarta - Politisi PDIP Maruarar Sirait menganggap sosok sang ayah, Sabam Sirait, yang juga merupakan politikus senior di PDIP sebagai panutannya dalam berpolitik. Salah satu hal yang selalu dipegang teguh oleh pria yang karib disapa Ara ini adalah pandangan ayahnya soal Pancasila.

Menurut dia, Sabam selalu mengajarkan dirinya untuk senantiasa mengimpelentasikan pancasila dalam kehidupannya sehari-hari. Sebab, Pancasila merupakan hasil jerih payah para pendiri bangsa untuk menyatukan semua perbedaan di Indonesia.

Hal ini disampaikannya, saat merayakan ulang tahun ayahandanya yang 82 Tahun, pada Sabtu 13 Oktober 2018. Tak lupa, doa juga teriring dari Ara, untuk sang ayah. Ara mendoakan Sabam agar selalu sehat dan sukses dalam kehidupan dan karir politik.

"Ayah saya selalu berpesan untuk selalu membawa nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari baik bermasyarakat maupun berpolitik. Karena pancasila merupakan hasil dan cita-cita para pendiri bangsa," ucap Maruarar, dalam keterangannya, Minggu (14/10/2018).

Dia menuturkan, di usia yang tidak muda lagi, Sabam tetap menggelorakan semangat pancasila pada masyarakat. Sebab, bagi Sabam, Pancasila merupakan semangat kebersamaan dan gotong royong untuk menyatukan semua perbedaan di Indonesia.

"Ayah mengajarkan bila semangat Pancasila adalah semangat kebersamaan dan gotong royong untuk menyatukan perbedaan dalam balutan bhineka tunggal ika," jelas anggota Komisi IX DPR RI itu.

Dia juga menuturkan, akan selalu menjaga dan membawa nasihat ayahnya dalam kehidupan. Ayahnya pun mengatakan pada Ara bila Pancasila merupakan ideologi terbaik untuk Indonesia.

"Pancasila sangat jelas merupakan ideologi bangsa yang terbaik saat ini," tegas Ara menirukan pesan ayahnya.

2 dari 2 halaman

Raih Bintang Mahaputera

Sabam Sirait merupakan salah satu politisi senior dikancah perpolitikan Indonesia. Sabam lahir di Tanjungbalai, Sumatera Utara pada 13 Oktober 1936. Sebagai politisi, Sabam sudah merasakan 7 masa pemerintahan presiden, mulai dari Soekarno hingga Joko Widodo.

Sebagai politisi, Sabam mempengaruhi banyak orang untuk terjun ke politik. Salah satu yang blak-blakan mengatakan terjun ke politik karena Sabam adalah Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Sabam saat ini masih aktif sebagai anggota DPD RI mewakili provinsi DKI Jakarta. Pada tahun 2015 lalu, Sabam Sirait dianugerahi Bintang Mahaputera Utama oleh Presiden Jokowi. Anugerah tersebut merupakan bentuk apresiasi pemerintah Indonesia atas kontribusi Sabam dalam dunia politik.

Sabam sendiri pada tahun 2015 lalu dianugerahi Bintang Mahaputera Utama oleh Presiden Jokowi. Anugerah tersebut merupakan bentuk apresiasi pemerintah Indonesia atas kontribusi Sabam dalam dunia politik.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Video Populer News

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Maruarar: Tak Mungkin Jokowi Gunakan Alat Negara untuk Pilpres 2019
Artikel Selanjutnya
Maruarar Sirait: Kalau Tidak Ada Hoaks, Jokowi Akan Menang di Pilpres