Sukses

Top 3 News: Hoaks Ratna Sarumpaet, Anies: Bukan Seni, tapi Cekalnya

Top 3 News, usut punya usut, keberangkatan Ratna Sarumpaet ke Chile atas biaya Pemprov DKI Jakarta. Gubernur DKI Anies Baswedan akhirnya dimintai keterangan.

Jakarta Top 3 News, kebohongan Ratna Sarumpet berakhir usai penyelidikan polisi dan pengakuannya lewat jumpa pers. Dia mengaku cerita penganiayaan dirinya oleh sejumlah orang di Bandung adalah rekayasa.

Atas perbuatannya, aktivis perempuan itu ditetapkan tersangka dan resmi ditahan Polda Metro Jaya terkait kasus hoaks untuk 20 hari ke depan.

Sebelum penangkapannya di Bandara Soekarno Hatta, ibu dari aktris Atiqah Hasiholan itu akan pergi ke Santiago, Chile, Kamis malam, 4 Oktober 2018. Rencananya dia akan menghadiri Women Playwrights Conference, di mana dirinya bertindak sebagai pembicara. 

Usut punya usut, keberangkatannya ke Chile atas biaya Pemprov DKI Jakarta. Gubernur DKI Anies Baswedan akhirnya dimintai keterangan. 

Pengakuan Ratna juga tak dibantah oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro. Menurut Asiantoro, Ratna Sarumpaet jauh sebelumnya telah mengajukan surat permohonan, yaitu pada 31 Januari 2018.

Dalam surat tersebut, Ratna Sarumpaet menjelaskan bahwa dalam konferensi tersebut dia ditunjuk sebagai salah satu anggota senior dan salah satu juru bicara.

Anies pun angkat bicara. Tidak hanya Ratna Sarumpaet yang dibiayai Pemprov, seniman lain pun juga dibantu. Menurut Anies, masalah yang dihadapi aktivis HAM itu bukan seninya, tapi pencekalannya.

Kabar lainnya yang tak kalah menyita perhatian di Liputan6.com, acara pembukaan Asian Para Games 2018. Kemeriahan yang terjadi saat Asian Games, kembali terjadi Jumat malam kemarin.

Dengan mengusung tema kekayaan laut serta keanekaragaman yang dimiliki Indonesia, ditambah tata panggung dan aksi para penari dan atlet penyandang disabilitas yang mempertunjukkan kebolehan, pembukaan Asian Para Games 2018 kembali merebut hati para tamu undangan. Tak terkecuali Presiden Joko Widodo. 

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Sabtu, 6 Oktober 2018:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Anies Baswedan Terseret Hoax Ratna Sarumpaet

Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian mengatakan, pihaknya menangkap Ratna Sarumpaet di Bandara Soekarno Hatta lantaran tidak ingin ada hambatan penanganan kasus lagi, seperti perkara Rizieq Shihab.

"Kita tidak mau permasalahan seperti Habib Rizieq berulang, kabur ya kan," tutur Jerry saat dikonfirmasi, Kamis, 4 Oktober 2018 malam.

Menurut dia, Ratna Sarumpaet sebenarnya sudah dipanggil menjadi saksi dalam penanganan kasus berita bohong alias hoaks. Hanya saja dia tidak hadir dan polisi menetapkannya sebagai tersangka usai pemeriksaan saksi lainnya.

Menurut dia, setelah Ratna Sarumpaet menyatakan mengalami penganiayaan, polisi langsung bergerak. Fakta di lapangan menunjukkan ada banyak kejanggalan dari pengakuan ibunda aktris Atiqah Hasiholan itu.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Bulan di Sini, Pak Jokowi di Mana?

Bocah kelas 3 asal Pekanbaru ini membacakan narasi cerita tentang kekagumannya pada sejumlah atlet penyandang disabilitas Tanah Air yang pantang menyerah dan berprestasi, seperti Sabar Gorky yang sukses di cabang panjang tebing dan mendaki gunung.

Dia adalah Bulan Kurnia. Di akhir narasinya, Bulan menanyakan keberadaan Jokowi.

"Bulan ada di sini, Pak Jokowi ada di mana?" ujarnya menutup narasi yang dibacakannya di acara pembukaan, Sabtu (6/10/2018).

Tak berselang lama, Jokowi pun turun dari panggung kehormatan. Dia mendatangi Bulan Kurnia, lalu menerima sebuah kotak yang berisi ABILITY berwarna emas.

Tak berhenti di situ, Jokowi juga menyempatkan diri mengambil busur dan panah.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Detik Dramatis Rombongan Anies Baswedan Evakuasi Korban Kecelakaan di Cipali

Iring-iringan kendaraan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berhenti mendadak, saat melintas di KM 136 Tol Cipali, Kecamatan Cikedung, Indramayu, pukul 09.25 WIB, Sabtu (6/10/2018).

Sebuah mobil yang dikendarai Slamet Supardiyono (55) warga asal Kampung Barat, Jakarta Timur, terbakar.

Melihat api yang semakin membesar, mantan Mendikbud itu langsung memerintahkan jajarannya dan petugas pengawalan untuk mengevakuasi korban yang terjebak di dalamnya.

Slamet lalu dilarikan ke RSUD Ciereng, Kabupaten Subang. Anies pun memilih tak langsung kembali ke Jakarta. Dia menyempatkan diri mengantarkan warganya ke rumah sakit.

 

Selengkapnya... 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.