Sukses

Kronologi Penangkapan di Bandara Versi Ratna Sarumpaet

Ratna mengatakan, polisi yang menangkapnya di bandara sudah membawa surat penangkapan.

Liputan6.com, Jakarta - Pihak kepolisian menangkap Ratna Sarumpaet di Bandara Soekarno Hatta karena status yang bersangkutan sudah tersangka. Ratna mengatakan, dirinya ditangkap saat sudah berada di dalam pesawat yang akan membawanya ke Chile.

"Saya sudah masuk pesawat, pesawat sudah mau jalan sebenarnya ketika petugas Imigrasi datang dan meminta saya keluar dulu. Katanya perintah dari kepolisian, perintah dari atasan, saya tidak boleh meninggalkan Indonesia," ujar Ratna Sarumpaet dalam wawancara dengan TvOne, Kamis (4/10/2018) malam.

Dia juga mengatakan, polisi yang menangkapnya di bandara sudah membawa surat penangkapan. "Dengan status saya sebagai tersangka," tegas Ratna yang mengaku sedang dalam perjalan menuju Mapolda Metro Jaya.

Ia mengaku pada Kamis siang baru saja menerima surat panggilan dari Polda Metro Jaya. Namun, karena akan berangkat ke Santiago, Chile, dia minta pemeriksaan ditunda.

"Sekarang saya jadi tersangka, mereka mau tahan saya sekarang juga," ujar Ratna.

Dia juga memastikan kalau keberangkatan menuju Chile adalah untuk menghadiri konferensi penulis wanita internasional.

"Saya ceritakan (kepada polisi) bahwa saya diberangkatkan oleh Pemda DKI," jelas Ratna Sarumpaet.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ratna Sarumpaet adalah seniman Indonesia yang banyak mengeluti dunia panggung teater, selain sebagai aktivis organisasi sosial.
    Ratna Sarumpaet adalah seniman Indonesia yang banyak mengeluti dunia panggung teater, selain sebagai aktivis organisasi sosial.

    Ratna Sarumpaet