Sukses

Tanah Kelahiran Porak-Poranda, Korban Gempa-Tsunami Palu Mengungsi ke Balikpapan

Liputan6.com, Balikpapan - Ratusan pengungsi dari Palu tiba di Balikpapan, Kalimantan Timur. Para korban bencana memilih mengungsi lantaran tanah kelahirannya porak poranda dan sulit untuk bisa bertahan hidup.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (3/10/2018), pemerintah menyiapkan tiga pesawat hercules milik TNI AU tipe CN 234 dengan rute Palu-Balikpapan untuk korban gempa yang ingin mengungsi.

Sejak Selasa, 2 Oktober kemarin, setiap harinya mulai pukul 06.00 Wita hingga 22.00 Wita, tercatat telah ratusan orang diangkut menggunakan hercules. 

Suasana di Kota Palu yang belum pulih, kebutuhan pokok yang masih sulit, dan gempa susulan yang setiap hari terjadi, membuat ratusan warga memilih mengungsi.

Salah satu pengungsi mengaku tidak mudah untuk mendapat kursi di pesawat karena banyak sekali yang mengantre dari Bandara Palu.  

Di Balikpapan, para pengungsi akan diantar ke asrama haji dan sejumlah tenda darurat. Bagi pengungsi yang kondisinya kurang sehat akan segera dibawa ke rumah sakit. (Karlina Sintia Dewi)