Sukses

Raja Salman hingga PM Australia Tawarkan Bantuan bagi Korban Gempa Palu

Sejumlah negara telah menyampaikan tawaran bantuan kepada Indonesia untuk menangani korban gempa di Palu.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah negara telah menyampaikan tawaran bantuan kepada Indonesia untuk penanganan korban gempa di Palu, Donggala, dan Sigi, Sulawesi Tengah. Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan, sudah ada tiga pemimpin negara yang menghubunginya langsung dan menawarkan bantuan.

"Kemarin, Raja Salman menelepon langsung, Presiden Turki menelepon langsung, dan Perdana Menteri Australia juga," ucap Jokowi di kantor Presiden, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Jokowi mengatakan, pemerintah terbuka untuk menerima bantuan dari luar negeri. Ia meminta kepada Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto untuk mengakomodasi dan menyampaikan kebutuhan yang diperlukan bagi korban gempa.

"Saya kira, segera saja, kalau bisa hari ini disampaikan pada mereka kebutuhan-kebutuhan yang kita butuhkan di lapangan, terutama tenda-tenda yang saya lihat sangat kurang," ucap Jokowi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan Jokowi

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap bantuan dari luar negeri bisa segera sampai ke tengah-tengah masyarakat yang terdampak gempa.

"Pada hari ini atau besok sudah melimpah di sana, dan tentu saja obat-obatan agar kita tidak kekurangan. Dan hal-hal lain yang dibutuhkan agar hari ini bisa kita putuskan, dan kita sampaikan pada negara-negara yang ingin membantu," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.