Sukses

Soal Bantuan Asing, Wiranto: Paling Utama Alat Angkut Udara

Wiranto mengungkapkan, saat ini yang paling dibutuhkan korban gempa Palu dan Donggala adalah bantuan tanggap darurat.

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Wiranto mengungkapkan, sudah ada 18 negara siap membantu Indonesia untuk menangani korban gempa Palu dan Donggala. Dia menuturkan, bantuan yang diberikan akan disesuaikan dengan kebutuhan.

"Tentu bantuan-bantuan itu kita arahkan supaya tepat barang, tepat kebutuhan, dan tepat waktu. Kemudian kita bisa merinci bantuan itu, bisa berwujud barang, alat, keahlian tertentu. Yang penting time framenya tepat, sehingga saat dibutuhkan nilai guna manfaatnya lebih," ucap Wiranto di kantornya, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Dia mengungkapkan, saat ini yang paling dibutuhkan korban gempa Palu dan Donggala adalah bantuan tanggap darurat yang dibutuhkan masyarakat.

"Beberapa kebutuhan bantuan segera yang bisa kita terima, pertama adalah berupa alat angkut udara. Kita tahu saat ini atau saat bencana terjadi itu PLN mati, kemudian BBM langka, komunikasi seluler mati, beberapa jalan darat terputus, sehingga yang paling efektif adalah bantuan cepat dari udara," ungkap Wiranto.

Namun, dirinya tahu, alat angkut udara yang besar masih sulit diakses. Maka yang bisa mendapat hanya jenis Lockheed Martin C-130 Hercules.

"Yang bisa mendapat adalah jenis C-130 Hercules. Karena panjang landasan 2.500 itu ujungnya retak sekitar 200 meter. Sehingga landas pacu yang mungkin untuk dapat didarati itu hanya sepanjang 2.000 m," jelas Wiranto.

"Kalau pesawat Boeing pun itu tipe 737 seri 400-500. Yang seri 800 sampai seri 900 enggak mungkin bisa mendarat. Tapi pesawat C 130 bisa. Oleh karena itu, kami harapkan bantuan dari alat angkut udara C 130," kata dia.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan Lain

Selain itu, masih kata dia, tenda-tenda masih cukup banyak dibutuhkan, kemudian sarana air bersih.

"Tadi dilaporkan dari depan bahwa air bersih memang sulit didapat di sana. Sumber-sumber air bersih enggak banyak. Sumur pompa membutuhkan listrik, dan listrik pasokannya sangat rendah sekarang. Sehingga akan diminta juga bantuan genset-genset dari negara-negara donor," jelas Wiranto.

Bukan hanya itu, Rumah Sakit portabel atau yang di lapangkan juga dibutuhkan. Lengkap dengan tenaga medisnya.

"Kemudian juga fogging. Fogging ini ada satu jenis fogging untuk menetralisir kemungkinan adalah jenazah yang terlambat dikubur, yang bisa menimbulkan penyakit. Ini peristiwa di Aceh jangan sampai terulang ya. Dulu banyak mayat yang terlambat terkubur dan menyebabkan epidemi tertentu yang bisa menyerang manusia. Ini kita butuh," jelas Wiranto.

 

 

* Liputan6.com yang menjadi bagian KapanLagi Youniverse (KLY) mengajak Anda untuk peduli korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Yuk bantu Sulawesi Tengah bangkit melalui donasi di bawah ini.

 

 

Semoga dukungan Anda dapat meringankan beban saudara-saudara kita akibat gempa dan tsunami Palu di Sulawesi Tengah dan menjadi berkah di kemudian hari kelak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.