Sukses

Hindari Penjarahan Bantuan Korban Gempa Palu, Relawan Diminta Koordinasi Aparat

Polri meminta masyarakat yang hendak memberikan bantuan berkoordinasi dengan posko-posko yang sudah ada.

Liputan6.com, Jakarta - Polri meminta para relawan yang hendak mengirimkan bantuan ke korban gempa Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, lebih dulu berkoordinasi dengan aparat keamanan. Sehingga saat pendistribusian mendapatkan pengamanan untuk mengantisipasi aksi penjarahan.

Hal itu menyusul beredarnya video penjarahan yang dilakukan beberapa warga terhadap kendaraan pengangkut bantuan untuk korban gempa Palu. Mereka menghentikan kendaraan dan mengambil barang-barang bantuan di tengah jalan.

"Relawan yang akan mengirim bantuan supaya berkoordinasi dengan aparat keamanan, baik Polri maupun TNI untuk dikawal ke posko, sehingga pembagiannya jelas nanti," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di kantornya, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Selain itu, Setyo juga meminta masyarakat yang hendak memberikan bantuan korban gempa Palu dapat berkoordinasi dengan posko-posko yang sudah ada. Hal itu dilakukan untuk mempermudah pendistribusian dan sesuai dengan sasaran.

"Karena ada sebagian belum sampai, ada yang mendapatkan berlebih. Supaya semua merata," kata dia.

Jenderal bintang dua itu menegaskan, penjarahan dengan alasan apa pun tidak dapat dibenarkan. Kendati pihaknya tidak bisa langsung menindak mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lakukan Upaya Persuasif

Polisi terlebih dulu melakukan upaya persuasif terhadap warga agar tidak menjarah makanan dan kebutuhan pokok lainnya. Jika peringatan itu tidak diindahkan, tak menutup kemungkinan Polri akan menindak tegas mereka.

"Kalau keterlaluan ditindak. Situasi bencana melakukan kejahatan hukumannya lebih berat. Pasal KUHP diatur, situasi bencana melakuan kejahatan itu lebih berat ancaman hukumannya," ucap Setyo.

Lebih lanjut, Setyo menuturkan pihaknya terus mengirimkan personelnya untuk membantu korban gempa-tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Sebanyak tiga Satuan Setingkat Kompi (SSK) telah diterjunkan ke lapangan.

"Ini rencananya akan dikirim lagi ke sana kemungkinan sekitar 1.400 personel akan membantu mengamankan, merehabilitasi, membersihkan di sana, seperti di Lombok," kata Setyo.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.